Pabrik Nutella Terbesar di Dunia Ditutup Sementara, Ini Alasannya

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 25 Feb 2019 19:50 WIB
Foto: BBC World
Jakarta - Pabrik selai cokelat hazelnut terbesar di dunia ditutup sementara waktu. Ferrero ternyata punya alasan tersendiri menutup pabriknya.

Pembuat cokelat hazelnut yang dikenal dengan Nutella menutup pabrik terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan ada masalah kualitas dalam sistem produksinya.

Dikutip dari CNN, pabrik yang berada di Villers-Ecalles, Prancis dihentikan pada Selasa (19/02) setelah alami cacat kualitas yang terdeteksi pada produk setengah jadi.

Pabrik Nutella Terbesar di Dunia Ditutup Sementara, Ini AlasannyaFoto: DW (News)

"Cacat ini tidak sesuai dengan standar kualitas kami. Jadi, kami memutuskan untuk sementara waktu menangguhkan aktivitas pabrik," kata Ferrero, perusahaan yang berbasis di Italia. Tindakan ini, diambil atas dasar prinsip kehati-hatian. Ini membutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Kafe Resmi Nutella Pertama di Dunia Akan Segera Buka

Ferrero mengungkapkan tidak ada produk Nutella saat ini dirak-rak toko yang bermasalah. Pasokan Nutella pun akan terus ada tanpa gangguan.

Jadi incaran banyak orang. Nutella sudah ada setelah Perang Dunia II, saat itu sedang ada krisis kekurangan kakao di Italia. Padahal, di negara tersebut pembuat kue perlu menciptakan kreasi terbaru pasca- Perang Dunia II.

Karenanya seorang koki bernama Pietro Ferrero menciptakan kreasi makanan dengan campuran hazelnut, gula dan sedikit cokelat.

Pabrik Nutella Terbesar di Dunia Ditutup Sementara, Ini AlasannyaFoto: iStock

Karena penemuan ini, Nutella pun sangat digemari. Saking populernya, beberapa waktu lalu supermarket di Prancis ramai diserbu karena beri diskon Nutella 70 persen yang akhirnya berujung ricuh. Orang-orang berdesakan untuk mendapatkan satu stoples Nutella di cabang Intermarche.

"Saat itu benar-benar kacau, 200 orang menunggu supermarket dibuka untuk dapat diskon tersebut," Kata seorang karyawan di sebuah toko di Metz kepada CNN.

Baca juga: Penggemar Selai Cokelat, Perlu Tahu 5 Fakta Unik Nutella Ini



Simak juga video Disebut Gunakan Bahan Penyebab Kanker, Ini Kata Nutella:

[Gambas:Video 20detik]


Pabrik Nutella Terbesar di Dunia Ditutup Sementara, Ini Alasannya


(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com