Belasan Orang Keracunan Usai Santap Buffet di Restoran Ini

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 21 Feb 2019 13:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Belasan orang dilaporkan alami keracunan usai menyantap sajian buffet di Crowne Plaza Hotel, Hong Kong. Hal itu diperkirakan terjadi lantaran tiram yang mereka lahap.

Dikutip dari South China Morning (21/2), total warga yang alami keracunan mencapai 13 orang. Ada sebanyak enam pria dan tujuh wanita yang berusia 24 hingga 42 tahun.

Belasan Orang Keracunan Usai Santap Buffet di Restoran IniFoto: Istock

Mereka mengalami gejala mulai dari sakit perut, mual, demam, diare hingga muntah-muntah. Hal itu terjadi sekitar 14 hingga 61 jam usai makan malam di restoran hotel bernama Kudos pada Sabtu lalu. Hal itu diungkap oleh para medis yang menangani mereka.

Kemarin (20/2), The Centre for Health Protection menyatakan bahwa ada sebanyak 10 orang yang memeriksakan diri ke tim medis. Namun pihaknya mengklaim bahwa mereka tidak perlu dirawat inap di rumah sakit.

Baca juga: Keju Jadi Penyebab Keracunan 300 Anak di 50 Sekolah Ini

Belasan Orang Keracunan Usai Santap Buffet di Restoran IniFoto: Istimewa

"Semua orang yang keracunan dalam kondisi stabil. Kami telah memberi tahu Departemen Kebersihan dan Pangan soal insiden ini dan penyelidikan sedang berlangsung," jelas juru bicara The Centre for Health Protection Hong Kong.

Hal ini disinyalir terjadi akibat tiram yang disediakan pihak restoran. Namun hingga kini, pihak berwajib belum memberikan keterangan terkait penyebab keracunan yang dialami belasan orang tersebut.

Hanya saja, pihak restoran justru tetap melayani pelanggan seperti biasa. Namun pihaknya tidak menyediakan tiram.

Belasan Orang Keracunan Usai Santap Buffet di Restoran IniFoto: Istimewa

Juru bicara departemen kesehatan itu juga menghimbau agar warga Hong Kong menghindari konsumsi hidangan laut mentah. Mulai dari sajian dingin seperti sashimi, sushi hingga tiram mentah, terlebih di restoran buffet.

Tiram mentah sendiri memang jadi salah satu bahan yang mengandung bakteri vibrio. Vibrio adalah bakteri yang bisa membuat orang terinfeksi melalui makanan mentah atau setengah matang yang dihasilkan dari laut.

Munurut Centers for Diseas Control and Prevention, USA, banyak orang yang terinfeksi bakteri itu lewat konsumsi tiram mentah. Bahkan awal Januari tahun lalu, seorang wanita bernama LeBlanc dikabarkan meninggal dunia setelah menyantap tiram mentah di Louisiana, Amerika Serikat.

Belasan Orang Keracunan Usai Santap Buffet di Restoran IniFoto: Istimewa

Saat itu, LeBlanc mengalami gangguan pernafasan ekstrem, ada ruam di kaki dan tubuhnya tak lama setelah dirinya menyantap dua lusin tiram mentah. Puluhan hari usai kejadian, LeBlanck akhirnya meninggal dunia.

Karenanya, meski enak, Anda harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi tiram mentah. Pastikan bahwa tiram yang Anda makan masih dalam keadaan segar dan tidak terinfeksi virus berbahaya.

Baca juga: Seorang Wanita Asal Texas Tewas Usai Makan Tiram Mentah (dwa/odi)