Netizen Ini Bikin Sabun 'Molecular Gastronomy' yang Enak dan Aman Dimakan

Devi Setya - detikFood Rabu, 20 Feb 2019 14:48 WIB
Foto: Twitter Foto: Twitter
Jakarta - Belum lama ini masyarakat dihebohkan oleh aksi wanita yang makan sabun. Tapi ada sabun yang enak dan tak berbahaya, serta bisa dibuat di rumah.

Seorang pengguna twitter dengan nama akun @tiarbah membagikan cara membuat makanan molecular gastronomy. Makanan ini bisa dibuat dengan mudah dan harganya dijamin murah.

Netizen bernama Bahtiar Sigar ini memanfaatkan biskuit oreo, cokelat warna pink serta susu sebagai bahan utama 'sabun' buatannya. Dalam video yang dibagikan di twitter ini juga bisa dilihat langkah-langkah pembuatannya.
Netizen Ini Bikin Sabun 'Molecular Gastronomy' yang Enak dan Aman DimakanFoto: Twitter

Baca juga : Jangan Dimakan! 10 Cake Cantik Ini Terbuat dari Sabun

"Rasakanlah sensasi makan sabun batang dengan cita rasa oreo truffle. Masak Darurat episode gak darurat-darurat amat." tulis Bahtiar.

Video berdurasi satu menit ini menampilkan Bahtiar yang menghaluskan biskuit oreo lalu mencampurnya dengan susu kental manis. Adonan berwarna hitam ini kemudian ia kepalkan menggunakan tangan dan dibentuk menjadi bentuk lonjong persis sabun batang.

Tak selesai sampai di situ, ia lantas mengambil cokelat warna pink yang kemudian dilelehkan. Cokelat yang sudah cair ini kemudian disiramkan pada adonan oreo hingga seluruh permukaannya berwarna merah muda.

Sambil menunggu cokelat mengeras, Bahtiar kemudian menyiapkan susu cair yang dikocok hingga berbuih. Kalau semua bahan sudah siap, saatnya plating.
Netizen Ini Bikin Sabun 'Molecular Gastronomy' yang Enak dan Aman DimakanFoto: Twitter

Bahtiar meletakkan 'sabun' batang di atas piring datar lalu di sekitarnya diberi buih dari susu. Sekilas memang terlihat mirip sabun batang yang biasa dipakai untuk membersihkan tubuh, bahkan lengkap dengan busanya.

Namun saat dibelah, barulah terlihat kalau sabun ini berisi biskuit oreo. Kalau dilihat dari komposisi yang digunakan, tampaknya sabun ini punya rasa manis dan enak.

Baca juga : Keren! 10 Dessert yang Menggiurkan Ini Terbuat dari Sabun

Hidangan molecular gastronomy low budget ini menarik banyak perhatian netizen. Terlihat saat ini video sudah mendapat hampir 10 ribu likes.

Sebelumnya, Bahtiar ini memang senang membuat berbagai konten video seputar kuliner. Ia pernah membuat sajian valentine murah meriah hingga memanggang roti menggunakan setrika listrik.



(dvs/odi)