Sluurp! Mie Sawi Hijau Racikan Motivamie yang Gurih Alami dari Ungaran

Aji Kusuma - detikFood Minggu, 17 Feb 2019 09:11 WIB
Foto: Aji Kusuma/detikcom Foto: Aji Kusuma/detikcom
Ungaran - Cemas dengan konsumsi mie instan yang disukai anaknya, pedagang ini membuat mie sehat dari sawi hijau organik. Seperti apa ya citarasanya?

Tri Setiyono merasa resah dan cemas akan konsumsi mie instan yang disukai anaknya. Alih-alih membatasi konsumsinya, ia malah belajar membuat mie hijau yang menggunakan bahan dasar tepung dan sayur sawi. Kini Tri malah berhasil membuka kedai mie hijau bernama Motivamie di Jalan Letjen Suprapto No 44, Ungaran, Kabupaten Semarang.

"Saya itu resah anak-anak doyan makan mie instan. Nah saya mulai belajar secara otodidak membuat mie berbahan sayur. Alhamdulillah, semakin sering saya membuat, ketemu prosedur pembuatan yang pas," jelas Tri kepada DetikFood, Jumat (15/2/2019).


Mie Sawi Hijau Racikan Motivamie yang Gurih Alami dari UngaranMie sawi segar siap diolah. Foto: Aji Kusuma/detikcom

Penasaran dengan olahan mie hijau, kami memesan mie hijau lengkap dengan topping bakso dan telur goreng. Sembari menunggu mie disajikan, DetikFood mengintip proses penyajian Mie Hijau ala Kedai Motivamie.

Di gerobak yang berwarna hijau dan tampak bersih, dengan cekatan Tri mengolah mie hijau. Sebelum diolah, mie ditaruh dalam plastik kedap udara yang disimpan di dalam freezer.

"Bahan dasar pembuatannya itu satu kilo tepung dan dua ikat sawi organik segar. Nah dari bahan itu, bisa jadi lima belas gulung mie, yang jelas mie hijau ini tanpa pengawet dan MSG. Kami simpan di dalam plastik kedap udara agar bisa bertahan agak lama," ujar Tri sambil merebus mie.

Mie Sawi Hijau Racikan Motivamie yang Gurih Alami dari UngaranFoto: Aji Kusuma/detikcom

Mie hijau racikan Tri disajikan panas mengepul. Aroma gurih ekstrak jamur begitu tajam tercium. Slurppp!, kenyal dan empuk sudah terasa di suapan pertama. Bumbu bacem yang manis gurih pada potongan ayam, berpadu nikmat dengan gurih telur ceplok di lidah kami. Kuah kaldunya juga bening dengan gurih rasa ayam yang kuat.

"Kalau original, sebenarnya sudah ada topping standard, yaitu ayam dan daun bawang. Pesan yang digoreng juga bisa, kalau yang bosan dengan mie kuah," ungkap Tri.

Mie Sawi Hijau Racikan Motivamie yang Gurih Alami dari UngaranFoto: Aji Kusuma/detikcom

Semangkuk mie hijau dijual Rp 8.500 untuk menu original sedangkan menu topping Rp 15.000. Dalam proses promosi, Tri dibantu oleh Arfan. Selama ini Tri mengurusi produksi dan penjualan di kedai, sedangkan Arfan melayani promosi dan penjualan mie secara online.

"Kami jualan online juga, via instagram, nama akunnya motivamie.id. Selama satu tahun belakangan ini, secara online kami sudah mengirim ke beberapa kota besar, di Malang, Jakarta, Bandung, dan Kalimantan," jelas Arfan.

Dalam proses pengiriman, mie hijau dikemas secara khusus. Melalui dua tahapan kemasan, ditujukan agar mie tetap terjaga kualitasnya sampai di rumah pembeli.

Mie Sawi Hijau Racikan Motivamie yang Gurih Alami dari UngaranFoto: Aji Kusuma/detikcom

"Mie yang kami jual online ini masih mentah. Proses pemgemasan kami masukkan dalam plastik kedap udara, setelah itu baru dikemas ke dalam stoples plastik. Satu paket ini kami jual Rp 25 ribu, isinya mie 4 gulung mie, bumbu tabur dan bumbu bacem. Harga ini belum termasuk ongkos kirim ya," tegas Arfan.

Arfan juga menjelaskan, meski tanpa pengawet, mie hijau bisa disimpan cukup lama di dalam kulkas. Namun bisa lebih lama lagi jika di dalam freezer "Jika kemasan sudah dibuka, saran kami disimpan di freezer agar bisa bertahan selama sebulan, sedangkan jika di dalam kulkas hanya bisa bertahan seminggu," tandas Arfan.

(odi/odi)