Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERD

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 08 Feb 2019 18:46 WIB
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Marcell Siahaan masuk dalam jejeran selebriti yang doyan ngopi. Saking sukanya, dirinya pernah kecanduan kopi hingga terkena GERD.

Bagi Marcell, kopi jadi minuman penambah energi yang lezat. Segudang aktivitas yang ia lakoni bisa dilakukan seraya meminum sumber kafein itu. Suami Rima Melati Adams itu bahkan bisa menegak 3 hingga 4 gelas kopi dalam sehari.

Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERDFoto: Istock
Jenis kopi yang ia sukai pun tergolong kuat. Ia penikmat biji kopi robusta. Selain cenderung punya rasa yang pahit, kafein pada kopi robusta ada di kisaran 1,8 hingga 4 persen.

Americano jadi pilihan racikan kopi favoritnya. Minuman berbasis espresso inilah yang membuatnya kecanduan. Apalagi kalau tersaji dingin. Marcell bisa dengan cepat menegak minuman berkafein tinggi itu.

Baca juga: Karena Cinta Kopi, Dipha Barus, Marcell dan Andien Berkolaborasi di 'Music Drip'

Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERDFoto: dokdetikFood
Karena mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak, asam lambung Marcell naik. Pria pelontos itu mengalami GERD atau Gastro Esophageai Reflux Disease.

"Saya kena GERD, asam lambung naik. Tapi sekarang udah normal," jelasnya pada detikFood saat ditemui di SCBD, Jakarta (7/2/2019).

Dikutip dari detikHealth (14/10), GERD merupakan kondisi di mana adanya refluks (keluarnya) cairan lambung ke dalam esofagus (kerongkongan). Salah satu gejala yang kerap muncul adalah rasa nyeri di daerah dada bagian bawah.

Ia menjelaskan bahwa kecanduannya dimulai lantaran ia sering meminum Americano dingin. Saking nikmatnya, ia tak sadar kalau dirinya sudah meminum racikan kopi itu dalam jumlah banyak.

Kecanduan Kopi, Marcell Siahaan Sempat Kena GERDFoto: Rachman Haryanto
"Saya sukanya Americano kan. Trus Americanonya yang dingin. Jadi cepet banget kan (diminumnya)," ungkapnya.

Usai menjalani pengobatan, Marcell tidak meninggalkan minuman kesukaannya itu. Ia justru memilih untuk mengurangi konsumsi kopi hariannya.

Sebab GERD yang ia derita berpotensi mempengaruhi kondisi pita suaranya. Ia bahkan menuturkan kalau dirinya justru lebih takut pada asam lambung dibanding tidak bisa tidur karena mengonsumsi kopi. "Lebih takut asam lambung, karena kalau naik takut kena pita suara saya," tutupnya.

Baca juga: Terlalu Banyak Ngopi? Ini Cara Kurangi Efek Negatif Kafeinnya (dwa/odi)