Gemar Ngopi, Marcell Siahaan Kuat Minum 4 Cangkir Kopi Sehari

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 08 Feb 2019 18:04 WIB
Foto: Ismail/detikHOT Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Siapa sangka, Marcell Siahaan ternyata penggila kopi. Ia bisa minum 3 sampai 4 gelas kopi sehari!

Sumber kafein ini memang kerap dijadikan minuman penambah energi. Banyak orang yang merasa lebih berenergi jika sudah menyesap secangkir kopi.

Sama halnya seperti Marcell Siahaan. Pelantun lagu 'Firasat' itu merasa bahwa kopi bisa menjadi energy booster. Saking sukanya, ia bahkan pernah masuk ke dalam tahap 'kecanduan kopi'. Pasalnya Marcell bisa meminum 3 hingga 4 gelas kopi dalam sehari.

Gemar Ngopi, Marcell Siahaan Kuat Minum 4 Cangkir Kopi SehariFoto: dokdetikFood
"Saya bisa (minum) 3-4 gelas. Kopi kaya energy booster," tutur pria berusia 41 tahun itu.

Namun semenjak terkena GERD, Marcell kini tak lagi terlalu banyak ngopi. "Kalau sekarang udah enggak 3-4 gelas. Pernah saya sampai di momen kecanduan. Tahun lalu tuh lumayan banyak," pungkasnya.

Jika ditanya soal jenis kopi favoritnya, musisi ini penyuka biji kopi robusta. Untuk racikannya, Marcell lebih suka Americano. Ia menjelaskan, "Saya lebih suka robusta. Kalau saya tidak salah, robusta itu lebih strong. Biasanya saya minum sebelum olahraga."

Gemar Ngopi, Marcell Siahaan Kuat Minum 4 Cangkir Kopi SehariFoto: dokdetikFood
Perlu diketahui, jenis kopi robusta memang dikenal memiliki aroma dan rasa yang kuat. Rasanya sendiri lebih netral dan tidak bervariasi. Kandungan kafeinnya lebih tinggi dibanding kopi arabika. Kafein pada kopi robusta ada di kisaran 1,8-4 persen. Kafein yang nendang ini membuat kopi robusta memiliki rasa yang cenderung pahit.

Baca juga: Ini 5 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Suka yang Mana?

Sedangkan racikan kopi Americano tercipta dari perpaduan antara espresso dan air panas. Racikan kopi ini cocok bagi penyuka espresso yang gemar menghirup aroma semerbak kopi.

Tak hanya menyukai Americano dari biji kopi robusta, Marcell juga bisa membedakan kopi yang berkualitas dan tidak. Itu dikarenakan kecanduan kopi yang sempat ia alami.

Gemar Ngopi, Marcell Siahaan Kuat Minum 4 Cangkir Kopi SehariFoto: Ismail/detikHOT
Tubuh Marcell bisa memberikan sinyal soal kualitas kopi yang ia konsumsi. Marcell merasa bahwa kopi yang berkualitas justru kopi yang tidak membuatnya sakit perut usai diminum.

"Kopi yang berkualitas itu ketika saya nggak sakit perut setelahnya. Itu kualitasnya udah pasti baik," tandasnya.

Baca juga: 10 Potret Cantik Rima Melati Adams Saat Ngopi dan Makan Sehat (dwa/odi)