Legit Wangi Cempedak Goreng Legendaris Bikinan Cik Lina

Devi Setya - detikFood Selasa, 05 Feb 2019 10:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mencari buah cempedak di Jakarta memang agak susah. Tapi kalau mencari cempedak goreng yang enak, datang saja ke warung Cik Lina.

Kedai sederhana milik Cik Lina ini berlokasi di gang kecil kawasan Jalan Pancoran, Tamansari, Glodok. Meskipun warungnya minimalis tapi pembelinya membludak dan rela antre demi mendapatkan cempedak goreng buatan Cik Lina.

Ya, wanita keturunan China ini dikenal jago membuat cempedak goreng yang manis legit dan renyah. Kabarnya, cempedak goreng Cik Lina bahkan sudah terkenal sejak masa Orde Baru.
Legit Wangi Cempedak Goreng Legendaris Bikinan Cik LinaFoto: dok. detikFood
Baca juga : Jalan-jalan ke Glodok, Wajib Cicip 5 Jajanan Halal yang Enak Ini

Ditemui detikFood belum lama ini, wanita berambut panjang ini menceritakan sedikit kisahnya berjualan cempedak goreng. "Dulu ibu saya yang memulai, dia jualan cempedak goreng ini. Sekarang dilanjutkan saya. Kalau dihitung-hitung sejak ibu saja jualan, sudah lebih dari 20 tahun," kata Lina sambil asyik menggoreng adonan cempedak.

Cik Lina juga mengatakan cempedak gorengnya sudah terkenal sejak tahun 1990-an. Racikan yang konsisten membuat cempedak goreng buatan Cik Lina ini terus disukai banyak orang.

Saat kami datang, antrean cukup mengular, setidaknya ada 7 orang pembeli yang sabar menunggu cempedak goreng hangat. "Saya pakai dua wajan jadi cepat. Tolong sabar sedikit, semua pasti kebagian," kata Cik Lina saat ada pembeli yang sedikit protes karena antre.
Legit Wangi Cempedak Goreng Legendaris Bikinan Cik LinaFoto: dok. detikFood
Cempedak goreng buatan Cik Lina ini terbilang sederhana, ia hanya mencampur adonan terigu yang ditambah buah cempedak lalu digoreng. Persis seperti membuat pisang goreng.

Tapi yang membuatnya istimewa adalah buah cempedak itu sendiri. Cik Lina hanya menggunakan cempedak yang benar-benar matang, berdaging oranye, tekstur empuk dan rasanya manis.
Legit Wangi Cempedak Goreng Legendaris Bikinan Cik LinaFoto: dok. detikFood
"Coba boleh bandingin cempedak saya sama yang lain, cuma saya yang cempedaknya oranye begini. Yang lain kuning. Saya beli ini ada langganannya, satu buah Rp 100 ribu tapi jaminan bagus," lanjut Cik Lina yang memang senang berinteraksi dengan pembeli.

Selain manis renyah, gorengan cempedak milik Cik Lina ini juga punya ukuran jumbo. Satu potong gorengan seukuran telapak tangan dibanderol dengan harga Rp 15 ribu.

Baca juga : Berburu Buah, Kue Keranjang dan Manisan Imlek di Jalan Pancoran Glodok
Legit Wangi Cempedak Goreng Legendaris Bikinan Cik LinaFoto: dok. detikFood
Selain bisa dimakan langsung, Cik Lina juga memberikan saus gula merah yang dibungkus terpisah. "Ini sudah manis (gorengan cempedak) tapi kalau suka manis lagi bisa tambah gula merah. Diguyur sedikit-sedikit makin enak," lanjutnya.

Kedai Cik Lina buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Kalau tertarik mencicip cempedak goreng Cik Lina, datanglah lebih awal agar tak kehabisan. (sob/odi)