Nasi Lemak Jadi Google Doodle, Kenali Versi Asli Makanan Ini

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Feb 2019 12:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya Google memilih tema spesial untuk ditampilkan sebagai Google Doodle. Kali ini nasi lemak dipilih menjadi tema google doodle kemarin (31/1).

Dikabarkan Metro (1/2) nasi lemak dikenal sebagai menu sarapan di beberapa negara Malaysia dan Singapura. Google memilih makanan ini karena cukup populer dan dikenal banyak orang.

Nasi Lemak Jadi Google Doodle, Kenali Versi Asli Makanan Ini Foto: Istimewa

Baca juga : Selain Nasi Lemak, Ini 6 Menu Sarapan Enak Orang Malaysia

Di laman utama pencarian, Google menampilkan nasi lemak dalam bentuk gambar kartun yang bisa diklik. Ketika gambar ini diklik maka akan muncul video berdurasi 40 detik yang menampilkan bahan serta proses pembuatan nasi lemak.

Meskipun populer di Asia Tenggara, tapi nasi lemak dikenal sebagai makanan khas Malaysia. Ada banyak varian nasi lemak yang biasa disantap orang-orang. Bahkan India dan China juga mengaku memiliki hidangan mirip nasi lemak meskipun dengan lauk yang berbeda.

Seporsi nasi lemak biasa disajikan dengan lauk ikan teri, ikan goreng, telur rebus, kangkung, kacang tanah goreng dan sambal, serta dilengkapi dengan mentimun. Semua lauk ini disajikan dengan nasi gurih.

Nasi Lemak Jadi Google Doodle, Kenali Versi Asli Makanan Ini Foto: Istimewa

Nasi lemak yang memiliki rasa gurih ini mirip seperti nasi uduk di Indonesia. Untuk mengolahnya, beras dimasak bersama santan dan daun pandan. Penyajiannya, nasi ini dibungkus atau disajikan di atas daun pisang.

Beberapa daerah juga biasa menyajikan nasi lemak dengan rendang daging sapi atau ayam goreng.

Tak hanya di Malaysia, nasi lemak juga populer di Thailand dan Singapura. Biasanya menu ini dijadikan santapan sarapan dan dipercaya berasal dari tradisi makan para petani di Malaysia.
Nasi Lemak Jadi Google Doodle, Kenali Versi Asli Makanan Ini Foto: Istimewa

Baca juga : Gurih Sedap Nasi Lemak Bisa Didapat di 5 Tempat Ini

Seiring perkembangan zaman, nasi lemak tak lagi menjadi menu sarapan melainkan menu sepanjang hari. Nasi lemak bisa dinikmati mulai pagi hingga malam hari dan dengan mudah nasi ini ditemui di warung makan.

Menyinggung sejarah nasi lemak, kabarnya pada zaman dahulu ada seorang janda bernama Mak Kuntum yang melihat putrinya memasak. Sang putri memasak nasi yang dicampur santan ketika sang ibu bertanya. Putrinya kemudian menjawab "Nasi le, Mak," yang artinya "Nasi, ibu." Dan mulai saat itu nasi yang dimasak dengan santan dikenal dengan sebutan nasi lemak di Malaysia.

(dvs/odi)