Kenyal Gurih Sate Cumi Ngenes yang Lagi Hits di Kota Blitar

Erliana Riady - detikFood Selasa, 29 Jan 2019 10:40 WIB
Foto: Erliana Riady Foto: Erliana Riady
Blitar - Awal tahun 2019, kuliner Kota Blitar diramaikan dengan kehadiran sate cumi ngenes. Camilan ini sedang hits ini rasanya kenyal gurih.

Selain cara penyajian yang unik, tampilannya menarik, rasanyapun sesuai lidah orang Blitar yang doyan pedas. Makanya diberi nama sate cumi ngenes, alias pedasnya bikin ngenes. Istilah untuk rasa pedas level tertinggi.

Bahan dasarnya cumi, dipotong selebar 3 cm. Lalu tengahnya diberi potongan sosis atau bakso ayam. Ditusuk memanjang seperti umumnya sate. Untuk sate cumi ini, panjangnya sekitar 15 cm per tusuk.

Kenyal Gurih Sate Cumi Ngenes yang Lagi Hits di Kota BlitarFoto: Erliana Riady

Gerai sate cumi ngenes ini jadi pelopor camilan seafood di Blitar. Proses pembuatannya pertama, sate dipanaskan di atas tembaga yang sudah diolesi margarin. Ketika aroma cumi sudah tercium, sate diolesi saus tiram secara merata. Yang menarik, sate lalu dibakar menggunakan blow troch untuk memberi efek gosong dan mematangkan.

"Supaya matangnya rata harus dibakar permukaannya. Tapi di bawah tembaga, api kompor gas tetap menyala," kata pemilik stand Moch Syafii pada detikcom, Selasa (29/1/2019).

Pembakaran sate diulangi sebanyak empat kali. Tiap usai dioles sambal atau saus tiram, sate cumi dibakar lagi. Proses memasak sate cumi ini cukup lama, sekitar 20 menit baru benar-benar matang.

Walaupun lama menunggu, namun proses pembakaran sate cukup menarik perhatian calon pembeli. Pantauan detikcom, para pengendara yang lewat di Jalan Kalimantan lokasi stand ini, kerap putar balik lalu membeli ketika melihat proses pembakaran sate cumi.

Kenyal Gurih Sate Cumi Ngenes yang Lagi Hits di Kota BlitarFoto: Erliana Riady

"Menarik dilihat dari jauh. Jadi penasaran jualan apa. Jadi pengen nyoba. Dan ternyata, rasanya enak juga. Sesuatu yang baru, camilan yang cocok di udara dingin seperti sekarang," ujar seorang pembeli Felania pada detikcom.

Kenyal Gurih Sate Cumi Ngenes yang Lagi Hits di Kota BlitarFoto: Erliana Riady

Bisnis yang baru dirintis Syafii selama satu bulan ini banyak diminati warga Blitar. Tidak heran, jika pemuda berusia 19 tahun itu bisa menghasilkan omzet Rp 1 juta per hari. Karena hampir 70 tusuk sate cumi ngenes akan habis terjual. Untuk dapat menikmati camilan sate cumi ngenes ini, satu tusuk dijual seharga Rp 15 ribu. (lus/odi)