Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 26 Jan 2019 13:43 WIB
Foto: dok.detikFood Foto: dok.detikFood
Jakarta - Ke Bandung coba sekali-kali mampir ke warung kaki lima. Selain murah, makanan kaki lima di Bandung juga enak-enak lho.

Bandung terkenal dengan makanannya yang enak. Mulai dari bakso ceker ayam, sate sapi, bebek goreng hingga perkedel murah meriah yang ramah di kantong.

Berikut ini beberapa kuliner dengan harga terjangkau yang bisa kamu temui di Bandung.

1. BCA Pak Hasan

Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat IniFoto: Detikfood


Namanya seperti Bank Swasta ya. Tapi jangan salah, BCA adalah kepanjangan dari bakso ceker ayam. Liburan ke Bandung, BCA Pak Hasan berada persis di seberang Hotel Zodiak. Berjualan sejak tahun 1996 Pak Hasan punya menu bakso hingga mie ceker yang enak. Ada bakso ceker ayam asin dan yamin. Makin enak dipadu dengan bakso dan ceker yang kenyal lembut. Harganya Rp 20.000 sudah dengan ceker dan bakso.

Baso Ceker Ayam Pak Hasan
Jl. Kebon Kawung Kios Barat
Depan Hotel Zodiak
Telp: 085314870358
Buka: 11.00 - 23.00 WIB

2. Cak Kohar Lamongan

Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat IniFoto: dok.detikFood

Cukup merogoh kocek Rp 18.000, sudah bisa menikmati bebek goreng sambal mangga dan nasi. Warung tenda bebek goreng ini berlokasi di Jalan Dipatiukur. Buka sore hari, bebek goreng yang garing dipadu dengan sambal mangga yang asam dan pedas. Makin enak disuap dengan nasi hangat dan juga lalapan. Agar tak terlalu antre, datanglah agak awal.

Cak Kohar Lamongan
Jalan Dipatikur
Dekat Universitas Padjadjaran
Bandung

3. Seafood Kiloan Bang Bopak

Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat IniFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Seafood di sini harganya lebih murah dibandingkan dengan restoran seafood kebanyakan. Setiap harinya, seafood kiloan Bang Bopak ini ramai didatangi warga Bandung. Menu yang disajikan juga tergolong "mewah". Menunya juga beragam, ada kerang, udang, cumi, kepiting hingga lobster dan baby octopus.

Dalam satu tray, bisa menikmati banyak jenis seafood. Dimasak dengan kuah gurih, aneka seafood di sini enak dicocol dengan saus dan sambal.

Seafood Kiloan Bang Bopak
Jalan Brigjend Katamso No. 33
Bandung
Buka: 18.00-03.00

4. McDurens

Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat IniFoto: Istimewa

Sedang ngidam duren? Kalau ingin puaskan selera dengan sajian manis datang saja ke sini. Cukup melipir ke kawasan Asia Afrika, ada warung tenda bernama McDuren. Semua olahan dessert dipadu dengan duren, mulai dari sop duren, ketan duren, es cappuccino duren hingga milkshake duren. Tertarik mencoba?

McDurens
Jalan Cikapundung Barat (Asia Afrika)
Bandung

5. Perkedel Bondon

Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat IniFoto: Istimewa


Menjual menu sederhana namun sudah legendaris dan terkenal enak. Perkedel Bondon yang ada di Jalan Kebon Jati ini sering jadi serbuan. Perkedel yang dijual dengan harga Rp 2 ribuan dimasak dengan cara tradisional. Adonan perkedel digoreng dengan api tungku sehingga rasanya unik.

Makan perkedel di sini enaknya dengan nasi dan sambal terasinya. Mantap! Perkedel Bondon buka tengah malam pada jam 23.00 sampai 02.00 dan siap puaskan perut jika sedang kulineran ke Bandung.

Perkedel Bondon
Jalan Kebun Jati No. 42
Kebun Jeruk, Bandung

6. Nasi Kuning Pungkur

Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat IniFoto: Instagram

Penyajiannya mirip seperti nasi uduk Betawi di Jakarta. Hanya saja nasinya menggunakan nasi kuning yang dipadu dengan aneka lauk pauk. Nasi kuning diberi suwiran telur, tempe orek dan sambal. Nasi kuning bisa dipadu dengan jengkol, telur balado atau bahkan rendang daging. Warung ini buka pada malam hari.

Jika porsinya original tidak ada tambahan daging atau telur harganya dibandrol Rp 6 ribu. Makin enak dinikmati dengan gorengan hangat. Nyam!

Nasi Kuning Pungkur
Jalan Pungkur No. 216
Ciateul, Regol, Bandung

7. Sate Mbah Sutris

Di Bandung Bisa Makan Es Duren hingga Begor Murah Enak di Tempat IniFoto: detikFood

Berbeda dengan Nasi Kuning Pungkur yang berjualan malam hari. Sate Mbah Sutris ini selalu ada pagi hari pada hari Minggu. Sejak pukul 7, jika melewati kawasan Jalan Merdeka harus mampir ke sini. Sate sapi dengan selipan lemak yang dimarinasi dengan bumbu kecap sangat enak berpadu dengan bumbu kacang. Ada irisan bawang merah mentah dan enak ditambahkan dengan lontong. Seporsi sate sapi ini dibandrol dengan harga Rp 25 ribu.

Kalau di Jalan Merdeka hanya ada di hari Minggu. Hari biasa Sate Mbah Sutris bisa ditemukan di dekat BMC.

Sate Mbah Sutris
Jl. Aceh No. 26 A
Sebelah BMC / sebrang Indomaret
Telp: 085621538897
Buka: Senin-Sabtu, 10.00-19.00

Jl. Merdeka No. 28
Depan Gereja Kristen Jawa Bandung
Bandung
Buka: Minggu saja, 07.00-12.00 (lus/odi)