Makanan Sehat Anak

Berawal dari Iseng, Rice To Go Kini Dapat Order Ratusan Bento Anak Setiap Hari

Devi Setya - detikFood Jumat, 25 Jan 2019 18:30 WIB
Foto: detikFood/Instagram ricetogo Foto: detikFood/Instagram ricetogo
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak
Jakarta - Bisnis kuliner yang berfokus pada bento dan tumpeng unik bernama Rice To Go ternyata diawali karena iseng. Siapa sangka kini ordernya bisa sampai ratusan bento.

Pemilik usaha ini adalah Jessica, ibu rumah tangga yang mengawali bisnis karena ketidaksengajaan. Awalnya ia hanya membuat bento untuk untuk sang anak. Tapi di sekolah banyak teman-teman anaknya yang juga minta dibuatkan bento unik.

Berawal dari Iseng, Rice To Go Kini Dapat Order Ratusan Bento Anak Setiap HariFoto: detikFood/Instagram ricetogo
Baca juga : Mau Bikin Bento untuk Si Kecil? 5 Akun Instagram Ini Bisa Jadi Inspirasi

"Awalnya itu 2015 ya. Saya bikin bento buat bekal anak, dibawa ke sekolah eh jadi pada mau juga," kata Jessica yang ditemui detikFood di Jakarta.

Mulai dari situ, Jessica mencoba menjual bento unik. Awalnya hanya karakter-karakter sederhana tapi lama kelamaan ia lebih mahir membuat berbagai karakter yang disukai anak-anak.

Berawal dari Iseng, Rice To Go Kini Dapat Order Ratusan Bento Anak Setiap HariFoto: detikFood
"Iseng bikin instagram eh malah jadi laku," kata ibu dua anak ini diiringi tawa.

Lewat brandnya Rice To Go, bento buatan Jessica makin terkenal. Ia membuat bentonya unik dan menarik karena dibuat tokoh kartun hingga tokoh superhero. Supaya semakin bagus, Jessica juga menambahkan pewarna alami pada nasinya.

Memanfaatkan bahan seperti labu, bunga telang, bayam dan bit untuk membuat pewarna alami yang aman dimakan anak-anak. Untuk membentuk karakter kartun pada nasi, Jessica juga menggunakan minyak zaitun khusus anak-anak supaya nasi tidak lengket.

Berawal dari Iseng, Rice To Go Kini Dapat Order Ratusan Bento Anak Setiap HariFoto: detikFood/Instagram ricetogo
Jessica kerap membuat nasinya menjadi berbagai bentuk mulai dari Lego, Pokemon, Unicorn, princess Disney hingga bentuk boneka. Tak jarang ada pelanggan yang minta dibuatkan karakter yang aneh dan sulit.

"Pernah minta dibuatkan zombie, saya sempat bingung seperti apa. Tapi setelah lihat contohnya langsung tahu dan terima order," jelasnya.

Selain bento karakter, Jessica juga membuat tumpeng karakter. Sajian ini biasa dijadikan pengganti kue ulang tahun. "Tumpeng kan ada tradisinya buat syukuran dan itu makanan sakral menurut orang Jawa. Nah karena buat syukuran ini Kita bikin lebih menarik, lebih disukai anak-anak," jelas Jessica.

Berawal dari Iseng, Rice To Go Kini Dapat Order Ratusan Bento Anak Setiap HariFoto: detikFood/Instagram ricetogo
Langkah ini dilakukan sebagai salah satu inovasi agar orang tetap bisa makan nasi tumpeng tapi dalam tampilan yang menarik.

Baca juga : Keren! Desainer Grafis Ini Bikin Bento Cantik di Atas Piring Kayu

Usaha yang sudah berjalan kurang lebih 3 tahun ini sekarang diakui Jessica sudah berjalan lancar. Dalam sehari rata-rata Jessica bisa membuat hingga 150 bento pesanan pembeli. Ia juga mengaku pernah menerima order hingga 500 paket bento dalam sehari.

Beberapa artis ternama juga pernah memesan bento cantik buatannya, seperti Gisela yang memesan untuk pesta ulang tahun Gempi. Ada juga Andi Soraya yang memesan tumpeng karakter.

Berawal dari Iseng, Rice To Go Kini Dapat Order Ratusan Bento Anak Setiap HariFoto: detikFood/Instagram ricetogo
Bento karakter buatan Jessica dibanderol mulai Rp 35 ribu dan jika tertarik, harus memesan minimal 30 pak. Sistem penjualannya saat ini masih mengandalkan sistem online

"Pemesanan biasanya H-5 tapi banyak juga yang mendadak. Kalau sanggup ya Kita ambil. Kita made by order," pungkas Jessica (dwa/odi)
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak