Makanan Sehat Anak

Agar Anak Suka Nasi, Beri Pewarna Alami dan Bentuk yang Menarik

Devi Setya - detikFood Kamis, 24 Jan 2019 16:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak
Jakarta - Punya anak yang susah makan nasi? Coba buat nasi menjadi lebih menarik dengan menambahkan pewarna alami. Bisa juga membuat nasi menjadi bentuk yang unik.

Dengan siasat mengubah tampilan nasi, anak-anak pasti akan lebih semangat menyantapnya. Jessica selaku pengusaha bento karakter mengatakan anak-anak akan lebih semangat makan kalau tampilan makanannya menarik.
Agar Anak Suka Nasi, Beri Pewarna Alami dan Bentuk yang MenarikFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Baca juga : Mau Bikin Bento untuk Si Kecil? 5 Akun Instagram Ini Bisa Jadi Inspirasi

"Tambah warna pada makanan. Pakainya jangan pewarna kimia, manfaatkan pewarna alami. Jadi nasinya menarik tapi aman dikonsumsi anak-anak," ujar Jessica saat ditemui detikFood.

Lebih lanjut, ibu dua anak ini menjelaskan beberapa bahan alami yang bisa diandalkan sebagai pewarna makanan.

"Pewarna merah bisa pakai bit, warna kuning dari labu kuning, hijau dari sayuran seperti bayam, biru pakai kembang telang. Ambil sarinya saja dan ini tidak mempengaruhi rasa nasi," jelas Jessica yang sudah terjun di dunia usaha bento sejak 2015 lalu.

Selain diberi warna, anak-anak juga akan suka kalau nasinya dibentuk menjadi berbagai karakter. "Bisa dibentuk karakter misalnya anak lagi suka karakter Tayo, jadi kita bikin nasinya bentuk Tayo. Ikutin apa yang anak suka, dia pasti tertarik," lanjut ibu dua anak ini.
Agar Anak Suka Nasi, Beri Pewarna Alami dan Bentuk yang MenarikFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Untuk membuat karakter, ibu bisa memulainya dengan bentuk yang sederhana dan mudah. Jessica menyarankan untuk membuat bentuk kelinci, unicorn atau bentuk lego.

"Bikin karakter yang sederhana bunny kelinci, unicorn juga gampang. Bentuk binatang gampang, atau lego juga bisa hanya kotak kuning. Nanti lama-lama pasti jadi bisa, kan latihan."

Wanita ramah ini juga mengatakan kalau karakter bento harus disesuaikan dengan usia anak. Anak perempuan cenderung suka dengan karakter kartun, sementara anak laki-laki lebih cenderung suka karakter superhero.
Agar Anak Suka Nasi, Beri Pewarna Alami dan Bentuk yang MenarikFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Baca juga : 10 Bento Lucu dan Menggemaskan Ini Bisa Jadi Inspirasi Bekal Si Kecil

"Misal anaknya sudah kelas 5 atau 6, kan sudah mulai besar. Pilihkan karakter yang sesuai umurnya, nggak mungkin mereka masih suka Tayo. Coba buat karakter Iron Man, pasti dia suka," lanjut Jessica.

Selain nasi, lauk dalam bekal makan anak juga bisa dipilih sesuai kesukaan anak. Intinya, ibu harus kreatif dan mau belajar mencoba menyajikan makanan bekal untuk anak-anak.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak