BTP Segera Pulang Kampung, Ini Makanan Enak yang Menantinya

Devi Setya - detikFood Kamis, 24 Jan 2019 12:40 WIB
Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini resmi bebas. Ia sudah mengagendakan untuk pulang kampung ke Belitung. Nah kira-kira ini makanan yang akan disantap.

Pria asli Belitung ini dikenal doyan kulineran. Di kampung halamannya saja ia punya deretan menu khas yang jadi favoritnya. Kala pulang ke Belitung, Ahok bisa menikmati makanan enak yang hanya ada di tanah kelahirannya.

1. Gangan (Sop Ikan Kuning)
BTP Segera Pulang Kampung, Ini Makanan Enak yang MenantinyaFoto: Istimewa

Hidangan sop ikan ini sudah jadi santapan harian masyarakat Belitung. Gangan terbuat dari ikan kerapu, ketarap atau ikan ilak. Ikan ini mudah didapatkan di perairan Belitung.

Sop ikan ini dimasak dengan bumbu kunyit, lengkuas, bawang merah, terasi, asam jawa dan potongan nanas muda. Cita rasa olahan ini pedas asam dan segar. Selain gangan, Ahok juga doyan makan ikan lempah kuning.


2. Mie Belitung
BTP Segera Pulang Kampung, Ini Makanan Enak yang MenantinyaFoto: Dok. detikFood

Lahir dan besar di Belitung membuat Ahok memiliki lidah yang lekat dengan cita rasa kulinernya. Mie Belitung juga tercatat sebagai salah satu makanan favorit Ahok.

Pria yang kini akrab disapa BTP ini juga pernah mengatakan kalau mie Belitung jauh lebih enak dibanding mie Malaysia. Seporsi mie gurih ini disajikan dengan udang rebus, tahu goreng dan tauge. Kuahnya kental dengan rasa manis gurih.

3. Ayam Ketumbar
BTP Segera Pulang Kampung, Ini Makanan Enak yang MenantinyaFoto: Dok. detikFood
Menu ayam ketumbar hadir di Belitung saat momen besar seperti Idul Fitri. Saat pulang kampung, Ahok selalu suuka menyantap ayam ketumbar dengan ketupat.

Hidangan ini terlihat mirip seperti gulai ayam yang kental namun bedanya memiliki rasa ketumbar yang kuat. Ayam ini juga biasa hadir sebagai menu dalam prosesi makan Bedulang yakni ritual makan bersama-sama khas Masyarakat Belitung.

4. Tupai Goreng
BTP Segera Pulang Kampung, Ini Makanan Enak yang MenantinyaFoto: Istimewa
Makanan yang ini mungkin terdengar agak langka. Ahok biasa menyantap tupai goreng setiap ia pulang ke Belitung.

Tupai yang digunakan sebagai bahan baku adalah tupai hasil buruannya. Ahok menyempatkan diri berburu tupai yang kemudian dagingnya akan diolah dengan cara digoreng. Ia mengaku selalu berburu menggunakan senapan angin.


5. Pisang 40 Hari
BTP Segera Pulang Kampung, Ini Makanan Enak yang MenantinyaFoto: Istimewa
Mantan istri Ahok, Veronica pernah mengatakan kalau Ahok sangat suka makan pisang 40 hari. Pisang ini punya ukuran kecil dan rasa yang manis, sekilas mirip pisang Lampung.

Pisang yang berasal dari Bangka Belitung ini disebut pisang 40 hari karena dipanen setelah 40 hari jantung pisang mekar. Biasanya Ahok menikmati pisang ini usai menyantap makanan utama. (dvs/odi)