Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 24 Jan 2019 10:35 WIB
Foto: World of Buzz Foto: World of Buzz
Jakarta - Animasi pendek milik Pixar berjudul 'Bao' masuk dalam nominasi Oscar 2019 sebagai Best Short Film. Film itu pun dibanijiri dukungan.

Masih ingat dengan animasi pendek yang tayang sebelum film The Incredibles 2 tahun lalu? Saat itu, sebelum melihat keluarga Mr Incredible beraksi, penonton disuguhkan sebuah film animasi pendek berjudul, Bao.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: Facebook Disney Pixar
Sesuai namanya, animasi pendek ini bertema roti kukus atau biasa disebut bakpao. Berdurasi 7,5 menit, animasi ini menceritakan seorang wanita paruh baya yang depresi karena kesepian. Namun keajaiban terjadi saat ia membuat sebuah bakpao. Bakpao tersebut hidup dan memiliki kaki dan tangan, layaknya 'bayi bakpao'.

Baca juga: Pixar Rilis Animasi tentang Bakpao di The Incredibles 2 yang Menggemaskan

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Ia senang dan merawat bayi bakpao tadi. Namun sayangnya, semakin bertambah usia, sang bayi bakpao juga turut tumbuh layaknya anak pada umumnya. Hingga akhirnya ia 'menikah' dan meninggalkan wanita tadi seorang diri.

Ternyata itu merupakan potret kehidupan nyata si wanita yang gemar membuat bakpao. Ia memang ditinggal sang anak lelakinya usai menikahi seorang wanita. Namun diakhir cerita, sang anak kembali ke rumah wanita itu sekaligus membawa serta istrinya.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Mereka akhirnya hidup bahagia hingga istri dari anaknya turut belajar cara membuat bao buatan wanita itu. Animasi ini dibuat dan disutradarai oleh pembuat storyboard bernama Domee Shi. Domee Shi sendiri merupakan wanita berdarah China-Kanada.

"Saya ingin menjadikan film pendek ini sebagai cara mengeksplor hubungan antara ibu yang terlalu protektif dan sosok bayi dumpling serta menunjukkan betapa pahitnya membiarkan sesuatu pergi meskipun Anda sangat menyukainya," jelas Domer Shi.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Melihat kehangatan hingga keintiman cerita, banyak warga Asia yang merasa relevan dengan cerita yang dibuat Domee Shi. Tak heran kalau animasi pendek ini masuk nominasi Oscar 2019.

Dikutip dari Nextshark (23/1), animasi 'Bao' resmi masuk dalam nominasi 'Best Short Film' di Oscar 2019 selasa lalu. Bao akan bersaing dengan beberapa film animasi pendek lainnya seperti 'Animal Behaviour', 'Late Afternoon', 'One Small Step' dan 'Weekends'.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Banyak orang yang menunjukkan dukungannya pada animasi ini. Ada yang berkicau, "Jika bao tidak menang piala oscar, saya akan ngamuk. Apa Anda tahu berapa kali saya menangis karena dumpling itu?".

"Saya berharap Bao memenangkan piala Oscar. Saya masih ingat saat menontonnya sebelum Incredibles 2 dimulai. Air mata menetes di pipi saya di akhir cerita, ceritanya sangat menyentuh," cuit lainnya sebagai dukungan.

Baca juga: Yuk Coba! Resep Bakpao Disney 'Bao' yang Dibagikan Lewat FB (dwa/odi)