Heboh Buah Naga Dibuang di Banyuwangi, Ini 5 Fakta Menarik Buah Naga

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 23 Jan 2019 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah naga kini ramai dibincangkan karena para petani di Banyuwangi membuangnya ke sungai. Di sisi lain, buah naga tinggi nutrisi dan mudah dinikmati.

Buah naga atau pitaya banyak tumbuh di Asia Tenggara. Di Indonesia, khususnya Banyuwangi, produksi buah naga bahkan sangat berlimpah. Berikut fakta-fakta menarik soal buah naga yang perlu kamu tahu.

Baca Juga: Video Buang Buah Naga ke Sungai Viral, Petani ini Minta Maaf

Heboh Buah Naga Dibuang di Banyuwangi, Ini 5 Fakta Menarik Buah NagaFoto: iStock

1. Asal buah naga
Buah naga atau dragon fruit termasuk dalam spesies kaktus yang asalnya dari Meksiko. Di sana, buah naga disebut pithaya atau pitaya yang terkait spesies kaktus tinggi dengan buah berbunga. Buah naga lalu dibawa ke Amerika Tengah, kemungkinan oleh orang Eropa. Tapi buah naga juga dikembangkan di Asia Tenggara, Australia, hingga Israel.

2. Jenis buah naga
Ada buah naga yang rasanya cenderung manis dan asam. Untuk varian manis berasal dari genus Hylocereus, sementara varian asam dari genus Stenocerus. Untuk berat, buah naga bisa mencapai 150 hingga 1.000 gram. Warna kulitnya bisa pink, merah, dan kuning. Sementara daging buahnya ada yang berwarna merah keunguan dan putih. Keduanya dipenuhi biji-biji hitam mungil yang bisa dimakan.

Heboh Buah Naga Dibuang di Banyuwangi, Ini 5 Fakta Menarik Buah NagaFoto: iStock

3. Olahan buah naga
Selain dimakan langsung, buah naga juga enak dimakan bersama es krim atau sekadar dibekukan. Cara lain adalah dengan mengolahnya jadi jus, isian salad, atau smoothies. Di Nicaragua, ada minuman buah naga yang terkenal. Racikannya terdiri dari buah naga yang dihaluskan, air, dan perasan jeruk nipis.

4. Manfaat sehat buah naga
Konsumsi buah naga sangat baik untuk kesehatan. Buah lembut ini mengandung lycopene, antioksidan yang sama dengan tomat. Lycopene bantu kurangi risiko kanker, hipertensi dan penyakit jantung. Selain itu, seorang dokter di Taiwan juga merekomendasikan pasien diabetes makan buah naga. Hal ini diyakini bisa membuat kadar gula darah normal. Untuk biji buah naga tinggi kandungan protein, asam lemak omega 3 dan 6 yang bisa bantu cegah penyakit jantung.

Heboh Buah Naga Dibuang di Banyuwangi, Ini 5 Fakta Menarik Buah NagaFoto: iStock

5. Memilih buah naga
Warna kulit yang terang dan mulus bisa jadi tanda kalau buah naga berkualitas baik. Coba tekan juga sedikit permukaan buah ini. Seharusnya buah naga tak terlalu lembek atau pun keras. Kalau lembek pertanda sudah terlalu matang, sebaliknya kalau keras masih butuh didiamkan beberapa hari. Setelah membuka buah naga, usahakan untuk langsung mengonsumsinya. Kalau pun mau menyimpan daging buahnya, tempatkan di wadah makanan berpenutup lalu simpan di kulkas.

Baca Juga: Tiga Perusahaan akan Serap 150 Ton Buah Naga dari Banyuwangi

(adr/adr)