Makanan Lokal Sehat

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik Klaten

Bagus Kurniawan - detikFood Senin, 21 Jan 2019 09:45 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
Jawa Tengah - Pecel dari tanaman sederhana ini rasanya renyah segar. Disiram bumbu pecel dan dinikmati dengan udang goreng, sedap rasanya.

Tanaman krokot Portulaca oleracea adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di halaman rumah, persawahan, ladang atau di semak-semak. Tanaman ini juga sering dimusnahkan karena dianggap gulma karena bisa mengganggu tanaman lain.

Meski sederhana tanaman yang mengandung air dan serat ini dipercaya bisa turunkan berat badan, menyehatkan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa tanaman ini baik dikonsumsi oleh anak penderita ADHD.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Tanaman ini dapat dimakan seperti sayuran dan juga memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya dibuat urap atau pecel.

Pecel krokot salah satunya dijual oleh masyarakat Klaten, Jawa Tengah. Jika ingin menikmati Anda bisa mampir di pemandian Umbul Brintik, Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Klaten.

Di pemandian Umbul Brintik banyak warga yang menjajakannya. Warung-warung di tempat itu menyediakan menu pecel krokot. Pecel krokot sajikan bersama sayur Jembak atau selada air.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Hidangan ini sama seperti nasi pecel lainnya. Yang membedakan, sayuran seperti bayam ditambah dengan krokot dan jembak. Sedangkan tauge dan daun kenikir tetap ada. Demikian pula bumbu kacang yang rasanya khas karena dicampur air asam dan gula Jawa. Bumbu kacang juga tidak ditumbuk halus, namun masih agak kasar sehingga tampak butiran-butiran kacang yang kasar.

"Pecel ndeso tapi rasanya khas. Banyak pengunjung yang cocok dengan hidangan ini sehabis berenang di umbul," ungkap Ny Ning, salah satu pemilik warung pecel krokot.

Menurut dia, pembeli bisa memilih mau ditambah dengan lauk lainnya seperti bakmi, tahu dan tempe bacen, bakwan, tempe tepung atau lainnya. Tergantung selera yang diinginkan pembeli. Untuk lauknya juga tersedia udang kali atau urang kali goreng, wader goreng atau belut goreng.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Namun ada pula pembeli yang memilih nasinya diganti gendar. para pemilik warung di tempat itu hampir semua juga menyediakan gendar. Menyantap 2 buah gendar plus pecel krokot sudah sangat mengenyangkan.

"Mau pakai nasi, atau pecel saja. Mau pakai piring atau pincuk daun pisang. Bisanya pembeli suka tambah belut goreng, tahu dan tempe bacem, serta gendar," katanya.

Rasa renyah segar krokot dan selada air yang jadi bahan utama makin enak diaduk dengan bumbu pecel yang gurih pedas. Makin enak dimakan dengan udang goreng, belut goreng atau ikan wader yang renyah gurih.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Untuk harga juga sangat murah, pecel krokot komplit cukup Rp 3.000/porsi. Kalau tambah nasi dan lauk lainnya juga sekitar Rp 5.000. Sedangkan untuk urang goreng, wader goreng atau belut goreng harganya sekitar Rp 5.000.

Triyastuti warga Gatak, Sukoharjo mengungkapkan dirinya bersama 5 anggota keluarganya sengaja untuk berenang di Umbul Brintik. Setelah berenang kemudian menyantap pecel krokot dan lauk pauk lainnya.

"Sudah tiga kali ke sini, habis berenang kemudian sarapan nasi pecel krokot," katanya.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat