5 Warung Makan yang Enak dan Ngengenin di Pasar Besar Malang

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 20 Jan 2019 08:34 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Tidak hanya punya beragam tempat wisata seru, Malang juga memiliki kuliner enak. Apalagi di sekitar Pasar Besar Malang, tersebar ragam kuliner enak.

Ada rencana berlibur ke Malang? Sekali-kali cobalah mampir ke kawasan Pasar Lama. Di sini kamu bisa menemukan beragam kuliner enak yang mengenyangkan dan legendaris. Sate komoh, rawon, nasi buk hingga tahu lontong bisa membuat air liur kamu menetes.

Jadi kalau ke Malang, beberapa warung makan di sekitar pasar ini bisa dicoba. Hati-hati sekali coba bisa bikin kangen lho.

1. Nasi Buk Hj. Latifah

5 Warung Makan yang Enak dan Ngengenin di Pasar Besar MalangFoto: Istimewa


Ke Malang jangan sampai lewatkan nasi buk. Hj. Latifah menjadi satu-satunya penjual nasi buk di Pasar Besar yang miliki citarasa enak. Sudah menjajakan dagangannya pukul 6 pagi, ia sudah nongkrong di pojokan depan Pasar Besar atau berseberangan dengan toko Altara.

Sudah berjualan sejak tahun 2000-an, nasi buk bisa dinikmati bersama aneka lauk seperti ayam, babat, paru, tahu dan juga sambal. Sajian nasi buk ini sangat pas jadi menu sarapan kamu kalau sedang belanja ke Pasar Besar.

2. Warung Lama H. Ridwan

5 Warung Makan yang Enak dan Ngengenin di Pasar Besar MalangFoto: Instagram

Bagi kamu yang ingin mencicip sajian legendaris di Malang langsung saja mampir ke sini. Lokasi warung ini terletak di Pasar Besar Malang tepatnya ada di lantai dasar B15-16. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1925. Usia hampir satu abad!

Menunya cukup beragam, mulai dari rawon, gule daging sapi, kare ayam kampung, nasi campur hingga sate komoh. Sate komoh jadi salah satu menu legendaris yang sudah ada sejak awal pembukaan warung. Sate komoh ini adalah sate daging sapi yang dilumuri bumbu rempah lengkap dengan tambahan cabai merah. Rasanya mirip seperti bumbu Bali. Mau coba?

Baca juga: Bikin Kangen! 9 Kuliner Legendaris Ini Wajib Dicoba Saat Liburan ke Malang

3. Mie Ayam Gajah Mada

5 Warung Makan yang Enak dan Ngengenin di Pasar Besar MalangFoto: Instagram


Agak keluar sedikit, di Jalan Pasar Besar No. 17 A ada salah satu warung yang menjual mie ayam enak. Menunya terdiri dari pangsit hingga cwimie yang disajikan kering ataupun berkuah hangat. Semakin enak saat ditambahkan dengan topping bakso, ayam, jamur dan pangsit.

Pangsit goreng juga juga bisa bikin kamu ketagihan dengan cocolan saus pedas manis yang nikmat. Yuk, mampir!

Baca juga: Yuk, Coba 7 Tempat Makan Legendaris di Malang Ini yang Bikin Kangen!

4. Tahu Campur Pak Iwan

5 Warung Makan yang Enak dan Ngengenin di Pasar Besar MalangFoto: detikFood

Kalau malam hari saatnya menikmati tahu campur. Di sekitaran Pasar Besar yang lokasinya ada di daerah Jagalan, tepatnya di Jalan Kapten Piere Tendean ada tahu campur racikan Pak Iwan. Tahu campurnya disajikan dengan potongan tahu, lontong, perkedel singkong, kentang, bihun dan tauge yang disiram dengan kuah cokelat yang gurih.

Di dalam kuah kaldunya terdapat potongan daging dan kikil sapi. Ada tambahan petis udang yang membuat rasanya makin mantap!

5. Tahu lontong lonceng

5 Warung Makan yang Enak dan Ngengenin di Pasar Besar MalangFoto: Instagram


Lokasi Warung Tahu Lontong Lonceng ini jadi salah satu kuliner di Pasar Besar yang legendaris. Lokasinya ada di Jalan R.E Martadinata tepatnya di seberang Klenteng Eng An Kiong. Sudah berdiri sejak tahun 1935, warung ini punya sajian menu tahu lontong dengan tambahan telur.

Bumbu kacang gurih yang dicampur dengan kecambah dan mentimun makin enak dinikmati bersama lontong dan kerupuk. Nyam!

Baca juga: Ini 6 Makanan Khas Malang yang Bisa Jadi Buah Tangan Enak (lus/adr)