Berani Coba? Tempat Makan di Jakarta Ini Tawarkan Empedu Ular dan Sate Biawak

Devi Setya - detikFood Sabtu, 19 Jan 2019 17:04 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hanya orang-orang bernyali besar yang pasti berani mencicip aneka makanan ekstrem. Di Jakarta ada tempat yang bisa disambangi kalau mau berburu daging ular dan biawak.

Melihat ular saja kadang membuat bergidik ngeri, apalagi harus menyantap daging dan empedunya. Tapi bagi orang bernyali besar, makanan ekstrem justru memberikan sensasi tersendiri ketika disantap. Belum lagi mitos yang berkembang di masyarakat kalau daging hewan ini memberikan stamina luar biasa.

Baca juga : Ular Kobra Juga Enak Dinikmati sebagai Sate dan Abon

Di kawasan Jakarta dan sekitarnya, ada tempat makan dan warung yang khusus menyediakan olahan daging ekstrem ini. Berikut rekomendasinya.

1. Restoran King Kobra
Berani Coba? Tempat Makan di Jakarta Ini Tawarkan Empedu Ular dan Sate BiawakFoto: Istimewa

Restoran di bilangan Mangga Besar ini terbilang legendaris. Kabarnya resto ini sudah beroperasi sejak 1965 dan hingga kini masih eksis menyajikan makanan ekstrem bagi pemburu kuliner anti mainstream.

Di sini menunya bikin mata melotot. Ada daging ular kobra, biawak, tokek bahkan daging buaya. Kalau tertarik, bisa jajal menu kobra goreng, sate kobra atau sop. Harganya juga terbilang cukup terjangkau. Berani coba?

2. Sate Biawak Mang Aim
Berani Coba? Tempat Makan di Jakarta Ini Tawarkan Empedu Ular dan Sate BiawakFoto: Istimewa

Di warung Mang Aim, sajian spesialnya bukanlah sate ayam atau sate kambing melainkan sate biawak. Ya, biawak jadi menu utama di sini. Kebanyakan orang berburu sate biawak karena dianggap meningkatkan stamina serta bisa menjadi obat penyakit kulit.

Mang Aim baru membuka kedainya sore hingga malam hari. Sate biawak disajikan dengan bumbu kecap lengkap dengan irisan cabai dan bawang, persis bumbu sate kambing. Kalau tergoda, Anda bisa datang ke kedai yang ada di bilangan Jl. Bekasi Timur V, Cipinang, Jakarta Timur.

3. Rica Cobra
Selain dagingnya, ular kobra juga biasa disantap bagian darah serta empedunya. Salah satu tempat menikmati semua bagian ular ini ada di warung tenda Rica Cobra. Di sini pembeli bahkan bisa memilih sendiri ular yang akan jadi santapannya.

Ular-ular di warung ini disediakan dalam keadaan hidup. Saat pembeli datang, barulah ular disembelih dan diolah. Meski terbilang warung tenda sederhana, tapi kedai ini selalu ramai kala malam hari. Pengunjung warung ini tak hanya lelaki tapi juga para wanita muda yang percaya kalau darah dan daging ular bisa menghaluskan kulit. Kalau tergoda bisa langsung datang ke warung yang ada di kawasan Jl. Mangga Besar, Jakarta.

4. King's Cobra
Berani Coba? Tempat Makan di Jakarta Ini Tawarkan Empedu Ular dan Sate BiawakFoto: Istimewa

Warung tenda yang satu ini juga berada di kawasan Mangga Besar. Di sini menunya lebih bervariasi ada menu sate ular, abon ular, sup ular, sate biawak dan sup biawak. Kalau tak berani menyantapnya dalam bentuk daging, bisa pilih olahan abonnya.

Pemiliknya bernama Pais yang siap melayani sekaligus membagikan informasi seputar daging ekstrem dagangannya. Pais mendapat pasokan ular dari beberapa daerah seperti Karawang, Banten hingga Jawa Tengah.

Baca juga : Hii... Berani Coba Claypot Isi Daging Biawak?

5. Adi Cobra
Berani Coba? Tempat Makan di Jakarta Ini Tawarkan Empedu Ular dan Sate BiawakFoto: Istimewa

Kalau mau mencicip darah, empedu hingga daging ular king kobra, di sini bisa jadi salah satu tujuan. Adi Cobra ada di kawasan Mangga Besar, pemiliknya adalah Adi, pria yang sudah mengolah daging ular sejak tahun 2004.

Selain ular, di sini juga ada olahan daging biawak. Kedua jenis reptil ini bisa dimasak dengan cara dibakar jadi sate atau dimasak berkuah menjadi sup. (dvs/adr)