Makanan Lokal Sehat

Jamu, Paduan Rempah Nikmat dan Kaya Khasiat Asli Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 17 Jan 2019 13:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
Jakarta - Indonesia punya minuman sehat yang sudah tersohor, jamu. Racikannya sangat banyak dengan sejuta manfaat kesehatan. Yuk, minum jamu!

Kalau ada yang menanyakan minuman tradisional asli Indonesia, jamu-lah jawabannya. Sejarah jamu konon dimulai dari zaman Kerajaan Mataram sekitar tahun 1300. Sumber lain menyebut jamu bahkan sudah ada di masa kerajaan Hindu-Budha yaitu tahun 722 Masehi.

GoodNews From Indonesia (17/1) menulis kata "jamu" berasal dari dua kata bahasa Jawa kuno yaitu "Djampi" dan "Oesodo." Djampi berarti penyembuhan memakai rambuan obat dan doa, sedangkan Oesodo berarti kesehatan. Seiring waktu, pada dukun dan tabib mulai memperkenalkan istilah jamu yang populer hingga sekarang.

Jamu, Paduan Rempah Nikmat dan Kaya Khasiat Asli IndonesiaFoto: iStock

Jamu diracik dari beragam rempah dan tanaman yang ada di Indonesia. Mulai dari jahe, kencur, lengkuas, kunyit, daun secang, temulawak, hingga kayu manis. Tak ketinggalan berbagai pelengkap penambah rasa segar atau manis seperti buah asam, jeruk nipis, dan gula Jawa.

Puspo Edi Giriwono selaku Sekretaris Eksekutif Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Pertanian dan Pangan Asia Tenggara (SEAFAST) Center di tahun 2016 menyebut, sebenarnya bahan jamu masih sangat banyak. Pasalnya ada lebih dari 30 ribu jenis tanaman di Indonesia.

"Setidaknya terdapat 2,1 juta varian jamu di Indonesia dari kekayaan intelektual yang diwariskan leluhur suku bangsa kita. Itu adalah kekayaan intelektual bangsa untuk pengobatan alami," lanjut Puspo.

Jamu, Paduan Rempah Nikmat dan Kaya Khasiat Asli IndonesiaFoto: iStock

Baca Juga: Indonesia Punya 2 Juta lebih Varian Jamu yang Bisa Dikembangkan

Beberapa racikan jamu sudah sangat populer dan menjadi konsumsi sehari-hari banyak orang. Salah satunya beras kencur yang diracik dari beras yang dihaluskan, kencur, jahe, biji kedawung, kapulaga, asam, pala, dan gula merah. Jenis jamu ini punya khasiat menambah nafsu makan pada anak.

Selain itu ada juga kunyit asem yang terkenal bisa menyegarkan tubuh hingga meredakan nyeri haid pada wanita. Kunyit asem diracik dari kunyit, asam Jawa, temulawak, biji kedawung, dan gula merah.

Untuk racikan lainnya, ada jamu galian singset untuk menjaga kesehatan organ intim wanita, kunci sirih untuk hilangkan bau badan, cabai puyang untuk hilangkan pegal linu, pahitan yang bisa turunkan kolesterol dan atasi perut kembung, dan banyak lainnya.

Ragam jamu terbilang mudah ditemui di Indonesia. Ada yang dijajakan berkeliling memakai sepeda, dijual di kios khusus jamu, hingga di kafe kekinian dengan presentasi modern yang memikat. Yuk, minum jamu!

Baca Juga: Acaraki : Sensasi Unik Minum Jamu yang Diseduh dengan Teknik Manual Brew

(adr/odi)
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat