Dari Jualan Teh, Pasangan Lansia Ini Berhasil Keliling 23 Negara!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 14 Jan 2019 19:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Di usia 70 tahun, pasangan lanjut usia (lansia) ini sukses jalan-jalan keliling dunia. Mereka berhasil melakukannya berkat jualan teh.

Selama ada kemauan dan kerja keras, apa pun yang kita impikan bisa tercapai. Hal ini dibuktikan pasangan lansia asal India bernama Vijayan dan Mohana. Dikutip dari World of Buzz (14/11), mereka berhasil mengelilingi 23 negara dari hasil berjualan teh.

Bernama Sree Balaji Coffee House, pasangan lansia ini menyajikan teh sebagai menu andalan. Lokasi gerai mereka ada di Kochi, India. Sebelum menempati gerai tetap, di tahun 1963 Vijayan berjualan teh di jalan demi memenuhi mimpi traveling mereka.

Dari Jualan Teh, Pasangan Lansia Ini Berhasil Keliling 23 Negara!Foto: Istimewa

Baca Juga: Begini Hasilnya, Kalau Travelling Keliling Dunia Sambil Foto Makanan!

Tak asal berjualan, baik Vijayan dan Mohana punya strategi untuk menabung. Setiap hari mereka menyisihkan 300 rupee atau hampir Rp 60.000 dari keuntungan penjualan.

Uang tersebut bisa disisihkan karena tak ada pegawai di gerai minuman mereka. Selain itu, pasangan lansia ini berusaha keras tidak habiskan banyak uang saat jalan-jalan dan meminimalisir sebisa mungkin pengeluaran.

Dari Jualan Teh, Pasangan Lansia Ini Berhasil Keliling 23 Negara!Foto: Istimewa

Sayangnya jalan demi wujudkan impian itu tidak mudah. Vijayan dan Mohana sepakat menambah anggaran dari meminjam uang ke bank. Mereka siap dengan konsekuensi mengembalikan pinjaman selama 3 tahun.

Sistem seperti ini mereka kembali terapkan saat mau bepergian lagi. Foto-foto keduanya di berbagai negara kemudian dipajang di gerainya. Mereka juga menampilkan berbagai mata uang negara lain yang sudah dikunjungi.

Dari Jualan Teh, Pasangan Lansia Ini Berhasil Keliling 23 Negara!Foto: Istimewa

Dari 23 negara yang disambangi, Vijayan menyukai Singapura, Swiss, dan New York. Ke depannya ia berencana mengunjungi Swedia, Denmark, Belanda, Greenland, dan Norwegia.

Terinspirasi kisah Vijayan dan Moana, Hari M Mohanan lalu membuat film dokumenter mengenai mereka. Film ini ternyata meraih penghargaan Filmfare Awards 2018 di Mumbai untuk kategori Best Film - Non-fiction.

Baca Juga: Wow! Traveller Ini Ajak Balon Semangka Kesayangannya Keliling Dunia

(adr/odi)