Ikuti Tips Ini Agar Dapur Bersih, Nyaman, dan Sehat

Devi Setya - detikFood Minggu, 13 Jan 2019 07:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Semua orang pasti ingin dapurnya bersih dan tertata rapi. Kebersihan dapur menentukan kualitas makanan yang disajikan.

Banyak orang cenderung membeli makanan dalam jumlah banyak dengan maksud untuk stok. Tapi mereka tak memprediksi kapan bahan makanan ini akan membusuk. Bahan makanan yang terbuang percuma justru akan menjadi sarang kuman.

Dilansir dari Chowhound (13/1) berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan membereskan dapur agar makanan sehat bisa tersaji setiap hari.

1. Buang makanan yang tidak dibutuhkan
Ikuti Tips Ini Kalau Mau Dapur Bersih dan Sajikan Makanan SehatFoto: Istimewa

Jika menjadi sehat adalah salah satu resolusi 2019 maka mulailah menyingkirkan makanan yang tidak sehat. Berbagai makanan tinggi lemak, gorengan dan makanan manis harus segera dikurangi.

Cek isi lemari es, apakah di dalamnya masih menyimpan banyak jus kemasan atau minuman manis. "Kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah meletakkan makanan tidak sehat di mana saja di lemari es mereka," kata Pat Salber, MD, pendiri The Doctor Weighs In. Jadi mulailah mensortir jenis makanan yang ada di lemari es.

Baca juga : Lakukan Hal Ini agar Kulkas Efektif Sebagai Tempat Menyimpan Makanan

2. Tahan nafsu
Jika Anda termasuk penggemar makanan manis, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengurangi asupannya. Usahakan untuk menyetop konsumsi makanan manis dalam bentuk apapun.

Cara paling ampuh untuk menekan nafsu saat melihat makanan kesukaan adalah berpura tidak melihatnya. Jauhkan makanan tak sehat dari atas meja dan lemari penyimpanan makanan. Simpan makanan ini di tempat yang tak terlihat dan sulit dijangkau.

3. Buat Rencana Jumlah Stok Makanan
Ikuti Tips Ini Kalau Mau Dapur Bersih dan Sajikan Makanan SehatFoto: Istimewa

"Kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika menyimpan makanan di kulkas mereka adalah saat membeli makanan tanpa memiliki rencana, yang biasanya mengarah pada pembelian barang-barang yang tidak perlu," kata Andres Ayesta, ahli gizi.

Jika sudah menyusun daftar belanja maka bisa dipastikan akan lebih sedikit bahan makanan yang disimpan dalam lemari es. Makanan ini juga memiliki potensi membusuk yang lebih kecil. Jadi jangan boros dengan membeli banyak bahan makanan.

4. Kenali Kapasitas Kulkas di Rumah
Ikuti Tips Ini Kalau Mau Dapur Bersih dan Sajikan Makanan SehatFoto: Istimewa

Menimbum terlalu banyak makanan dalam kulkas bukan membuat makanan awet dan tahan lama. Makanan justru akan kekurangan sirkulasi udara yang malah membuatnya cepat rusak.

Bayangkan saat sayuran, buah dan bahan segar seperti ayam dan ikan disimpan dalam wadah yang sama. Bukan hanya aromanya yang akan mengganggu tapi juga hal ini akan membuat kontaminasi silang. Belum lagi, cara ini akan membuat kulkas cepat rusak.

Baca juga : Bukan Hanya Dinginkan Makanan, Kulkas Juga Harus Punya Efek Kesehatan dan Lingkungan

5. Buat Rencana Masak
Ikuti Tips Ini Kalau Mau Dapur Bersih dan Sajikan Makanan SehatFoto: Istimewa
Jika memiliki rencana masak mungkin bahan makanan akan lebih terpakai optimal. Karena Anda hanya membeli bahan makanan sesuai daftar dan semua bahan ini dimasak sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Jangan lupa menangani bahan makanan dengan baik sebelum disimpan dalam kulkas. Misalnya mencuci, membersihkan dan menyimpan bahan makanan pada tempat yang tepat.

(dvs/odi)