Tren Bisnis Kuliner

Keren! 5 Franchisor Asal Indonesia Ini Sukses hingga Mancanegara

Devi Setya - detikFood Jumat, 11 Jan 2019 20:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Membangun bisnis kuliner tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi anak-anak bangsa ini membuktikan kalau kesuksesan bisa diraih dengan kerja keras.

Beberapa pebisnis menjalani sistem usaha dengan menjadi penyedia waralaba atau franchisor. Sebut saja seperti Kebab Baba Rafi, Raja Cendol atau yang paling kekinian ada Geprek Bensu. Para franchisor ini sukses menjadikan kuliner sebagai bisnis yang keuntungannya meroket tajam.

Berikut ini beberapa franchisor asal Indonesia yang sukses dengan bisnis kulinernya.

1. Kebab Baba Rafi
Keren! 5 Franchisor Asal Indonesia Ini Sukses hingga MancanegaraFoto: Istimewa

Pemilik Kebab Baba Rafi adalah Hendy Setiono mengawali usahanya pada 2003 lalu. Ia bersama sang istri memperkenalkan kebab di Surabaya, saat itu kebab bukanlah makanan yang biasa disantap di Indonesia.

Awalnya Hendy dan sang istri berjualan menggunakan gerobak sederhana. Seiring perjalanan, usahanya menggeliat. Pada 2007 sudah ada 336 outlet Kebab Baba Rafi dan per tahun 2015 sudah ada lebih dari 1200 outlet.

Bukan hanya di Indonesia, Kebab Baba Rafi juga berekspansi ke mancanegara. Kebab ini bahkan bisa ditemui di Malaysia, Filipina, China, Srilanka, Singapura, Brunei Darussalam dan Belanda.

Baca juga : Mau Sukses Jalankan Bisnis Franchise? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

2. Radja Cendol (Randol)
Keren! 5 Franchisor Asal Indonesia Ini Sukses hingga MancanegaraFoto: Istimewa

Radja Cendol adalah usaha milik anak muda bernama Danu Sofwan. Semangatnya untuk membuka usaha tidak membuatnya mengeluh meskipun memulai tanpa modal. Danu bahkan pernah menjadi buruh pasir, pengamen hingga supir sebelum berbisnis cendol.

Pada 2014 Danu mendirikan Randol yang menjual es cendol sebagai menu utama. Cendol buatan Danu ini punya keunikan tersendiri karena dibuat dengan susu, bukan santan.

Randol kini sudah memiliki 700 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Minuman tradisional yang dibuat dengan sentuhan modern ternyata disukai banyak orang.

3. Nyoklat Klasik
Keren! 5 Franchisor Asal Indonesia Ini Sukses hingga MancanegaraFoto: Istimewa

Ingat video seorang wanita yang menyawer pelakor? Ya, Bu Dendi adalah pemilik usaha Nyoklat Klasik. Memulai usaha pada 2013, wanita bernama Rovi Solikah atau Ovie atau Bu Dendi ini membuka usaha minuman cokelat dengan modal seadanya.

Kini usaha Bu Dendi sudah menjamur, hingga kini sudah ada lebih dari 2.125 outlet waralaba ini. Minuman cokelat ini banyak diburu karena enak dan harganya terjangkau.

4. Geprek Bensu
Keren! 5 Franchisor Asal Indonesia Ini Sukses hingga MancanegaraFoto: Istimewa

Usaha milik seleb ini memang baru dimulai pada pertengahan 2017 lalu namun antusiasme masyarakat ternyata sangat positif. Tentu saja usaha ayam ini bukan hanya terkenal karena milik artis.

Geprek Bensu dikenal juga memiliki ragam olahan ayam geprek yang enak dan harganya terjangkau. Kini resto ini sudah ada di 24 kota di Indonesia dengan total 114 gerai.

Baca juga : Punya Modal Kurang dari Rp 10 Juta Bisa Franchise Minuman Kekinian Ini

5. Warunk Upnormal
Keren! 5 Franchisor Asal Indonesia Ini Sukses hingga MancanegaraFoto: Istimewa

Pemuda bernama Rex Marindo sukses membuka bisnis kuliner yang banyak digandrungi anak muda kekinian. Rex kini memiliki 75 cabang di Indonesia dan terus berkembang hingga 150 cabang di tahun 2018.

Rex mengubah mie instan menjadi makanan kekinian namun tetap dibanderol harga murah meriah. Bukan hanya Warunk Upnormal, Rex bahkan juga merupakan founder dari Bakso Boedjangan dan Nasi Goreng Mafia. (dvs/odi)