Tren Bisnis Kuliner

Bisa Beli Franchise 5 Merek Fried Chicken Lokal yang Populer Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner
Jakarta - Fried chicken asal Amerika begitu digandrungi di Indonesia. Terbukti dari banyaknya gerai lokal yang menjual fried chicken.

Umumnya gerai tersebut menawarkan paket kemitraan atau franchise bagi yang berminat. Harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung merek serta keistimewaan yang didapatkan. Berikut 5 merek fried chicken lokal yang membuka peluang franchise.


1. Ranisa Fried Chicken

Bisa Beli Franchise 5 Merek Fried Chicken Lokal yang Populer IniFoto: Istimewa
Punya lebih dari 80 gerai di Jabodetabek, Ranisa mengusung konsep "Cita Rasa Berkualitas dengan Harga Terjangkau." Pilihan menunya ada potongan fried chicken original, dengan saus pedas, atau saus keju. Tersedia pula pilihan paket dengan nasi dan minuman kemasan.

Dalam situs resminya, Ranisa menawarkan 3 pilihan paket franchise. Harganya Rp 12 juta untuk paket booth, Rp 14 juta untuk paket gerobak, dan Rp 60 juta untuk paket premium kios. Bahkan sudah diperhitungkan estimasi laba bersih dalam sebulan untuk pembuka franchise. Laba yang diterima mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 10 juta per bulan tergantung banyaknya penjualan.


2. Sabana

Bisa Beli Franchise 5 Merek Fried Chicken Lokal yang Populer IniFoto: dok. detikFood
Hadir sejak 2006, ribuan gerai Sabana Fried Chicken mudah ditemui dimana-mana. Sabana konsisten menawarkan fried chicken dalam beragam pilihan potongan. Meski kini ada menu baru seperti burger ayam dan kentang goreng.

Peluang kemitraan yang ditawarkan Sabana dalam bentuk Business Oportunity yang berarti tidak ada biaya franchise dan royalti. Paket yang ditawarkan senilai Rp 22,5 juta sudah termasuk gerobak full stainless, deep fryer, peralatan, modal bahan, dan survey serta training. Sementara untuk di luar Jabodetabek harganya Rp 23 juta.


3. Orchi Chicken

Bisa Beli Franchise 5 Merek Fried Chicken Lokal yang Populer IniFoto: Istimewa
Orchi Chicken juga dikenal sebagai waralaba fried chicken gerobakan. Menunya terbilang lebih beragam dengan pilihan ayam penyet, ayam geprek, dan ayam bakar. Orchi Chicken juga mengusung konsep bebas royalti seumur hidup bagi mereka yang mau franchise.

Pilihannya terbagi dalam 3 paket usaha yaitu Lux (Rp 13.750.000), Eksklusive (Rp 14.750.000), dan Paket Usaha Spesial (Rp 19.750.000). Perbedaan ketiganya terletak pada fitur gerobak atau booth. Untuk Pake Usaha Spesial juga dilengkapi perangkat masak deep fryer.


4. Cheese Chicken

Bisa Beli Franchise 5 Merek Fried Chicken Lokal yang Populer IniFoto: Istimewa
Konsep sedikit berbeda ditawarkan Cheese Chicken. Bukan hanya fried chicken, pihaknya menjual ayam goreng tepung gaya Amerika ini dengan balutan saus keju. Ada juga burger dan kentang goreng dengan gurihnya saus keju.

Untuk kemitraan, Cheese Chicken membanderol harga relatif mahal yaitu Rp 70 juta. Harga ini sudah termasuk biaya kerja sama selama 3 tahun, fasilitas memasak lengkap, dekorasi outlet, seragam karyawan, pelatihan karyawan, dan materi promosi.


5. Crispyku Fried Chicken

Bisa Beli Franchise 5 Merek Fried Chicken Lokal yang Populer IniFoto: Istimewa
Berdiri sejak 2010, Crispyku Fried Chicken juga jadi favorit banyak orang. Sudah ada lebih dari 600 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Menu yang ditawarkan adalah fried chicken, ayam geprek, dan ayam spicy BBQ.

Untuk franchise ada pilihan Paket Modern seharga Rp 20 juta, Paket Exclusive Rp 26 juta, dan Paket Istimewa senilai Rp 49 juta. Uniknya Crispyku Fried Chicken juga menawarkan paket lengkap (branding) berupa restoran sebesar Rp 250 juta.


(sob/odi)
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner