Tren Bisnis Kuliner

7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal Minim

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 17:20 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner
Jakarta - Dengan modal yang minim, Anda tetap bisa mencoba peruntungan baru dengan membuka usaha kuliner. Franchise jadi salah satu pilihannya.

Meski tidak memiliki pengetahuan dibidang kuliner tak perlu khawatir. Dengan sistem franchise, aneka usaha menjanjikan bisa Anda lakukan untuk menambah pemasukan bulanan. Jenis-jenis usaha makanan dengan satu jenis saja bisa langsung mulai menjalankan usaha.

Kalau sedang mencari ide, 7 jenis bisnis kuliner berskala UMKM ini bisa dilirik.

1. Fried chicken

7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal MinimFoto: dok. detikFood

Sedang digandrungi ayam berbalut tepung yang renyah. Fried chicken dengan bentuk outlet gerobak kini makin digemari. Beberapa fried chicken lokal pun menjamur di berbagai tempat. Banyak juga yang menawarkan paket kemitraan atau franchise untuk siapa saja yang ingin membuka usaha.

Sebut saja Ranisa Fried Chicken, Sabana, Orchi Chicken hingga Cheese Chicken yang menjajakan ayamnya dengan harga dibawah Rp 15 ribuan. Paket yang dijual juga sangat beragam, mulai dari gerobak sampai outlet.

2. Ayam geprek

7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal MinimFoto: Instagram


Menjadi makanan yang viral di tahun 2017, ayam geprek kini semakin diminati dan menjadi menu makanan kesukaan banyak orang. Dengan menyiapkan bahan-bahan yang sederhana, banyak franchise yang menjual ayam geprek. Salah satu franchise ayam goreng yang sudah memiliki banyak sekali cabang yang tersebar di Jabodetabek adalah Ayam Gepuk Pak Gembus. Untuk wilayah Jabodetabek diperlukan modal sekitar 35 hingga 37 juta all in.

Selain itu ada juga beberapa usaha ayam geprek lain seperti Geprek si bos dengan harga mulai Rp 30 jutaan. Semuanya sudah termasuk karyawan dan fasilitasnya.

3. Martabak

7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal MinimFoto: dok. detikFood


Camilan yang satu ini masih menjadi favorit. Dengan menyediakan martabak manis dan gurih, camilan manis ini masih jadi primadona. Dengan modal mulai dari Rp 30 juta-an bisa membuka usaha martabak dengan rasa yang enak dan sudah dikenal oleh banyak orang.

Kalau ingin yang lebih murah ada juga yang menawarkan paket dengan harga Rp 9 jutaan seperti Martabak Mr. Bangka dengan ragam rasa yang bervariasi.

4. Thai Tea

7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal MinimFoto: iStock

Cukup menyewa tempat dengan lahan yang kecil dan modal tak banyak bisa membuat usaha ini. Minuman seperti Thai Tea sedang menjadi sesuatu yang populer. Biasanya racikan minumannya beragam, mulai dari Thai tea, green tea hingga milk tea. Paket untuk mendirikan usaha dengan sistem franchise dimulai dengan harga Rp 4,5 juta.

Selain itu ada juga Thai Tea Nyot Nyot yang sudah bisa berjualan dengan mmodal sekitar Rp 8 jutaan.


5. Sop duren

7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal MinimFoto: Istimewa


Menjual duren dengan rasa yang manis susah-susah gampang. Kalau Anda ingin membeli franchise sop duren bisa dilakukan agar kualitas durian tetap terjaga. Selain itu, tersedia beragam paket mulai dari Rp 4 juta hingga belasan juta.

Semua bahan sudah disediakan sehingga kita hanya menyiapkan tempat dan modal saja.

Baca juga: Kini Semua Orang Bisa Buka Bisnis Makanan dan Minuman

6. Teh


7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal MinimFoto: iStock

Meskipun menjual minuman sederhana, akan tetapi banyak orang yang berminat untuk memiliki usaha ini. Selain modal yang tak terlalu tinggi, nama brand-nya juga sudah terkenal sehingga tak perlu menjajakan usaha melalui iklan. Rp 7 juta sudah lengkap dengan booth, meja hingga peralatan.

Biasanya penjual teh ini dibuka di dekat pusat perbenlanjaan agar banyak orang yang tergiur membelinya selepas lelah berbelanja.

7. Tahu goreng

7 Jenis Bisnis Kuliner Skala UMKM dengan Modal MinimFoto: Instagram

Tahu goreng dengan sensasi rasa gurih sangat banyak peminatnya. Salah satu usaha kemitraan yang bisa dicoba adalah Kuch Kuch Hotahu yang cukup rogoh kocek Rp 8 juta untuk memulai usaha. Tahu goreng dengan taburan bumbu gurih memang cukup banyak animonya. (lus/odi)
FOKUS BERITA Tren Bisnis Kuliner

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com