Jateng Surganya Durian Enak, Ganjar Pranowo dan Iriana Jokowi Sudah Membuktikan

Devi Setya - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 15:30 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Bukan hanya Medan dan Lampung yang punya durian enak. Beberapa daerah di Jawa Tengah juga terkenal duriannya, Ganjar Pranowo dan Iriana jadi saksi.

Lewat akun instagram, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo baru saja memamerkan video aksinya ketika berburu durian. Kali ini Ganjar berburu durian pada malam hari di Purworejo.

Jateng Surganya Durian Enak, Ganjar Pranowo dan Iriana Jokowi Sudah MembuktikanFoto: Instagram

Durian yang ia cicip yakni durian Kaligesing, durian Sawangan dan durian Bagelen. Ketiganya merupakan jenis durian asli Jateng tepatnya di Purworejo.

Baca juga : Jijik Tapi Doyan, Begini Ekspresi Bule Australia Saat Cicip Durian

"Yang suka durian, kalau ke Purworejo jangan lupa nyoba durian Kaligesing. Uenak tenan rasane, manteb enek pait-paite. Bisa juga coba durian Sawangan dan durian Bagelen sama enaknya. Ada yang sudah pernah coba?" tulis Ganjar pada keterangan videonya.
Jateng Surganya Durian Enak, Ganjar Pranowo dan Iriana Jokowi Sudah MembuktikanFoto: Instagram

Dalam video juga ia terlihat mencicip durian yang baru saja dibelah. Menurutnya durian Jateng punya ciri khas rasa sedikit pahit. Bagi pencinta durian, rasa pahit ini dianggap tanda durian enak.

Ganjar juga menyebut kalau durian yang ia coba tidak terlalu manis. "Mungkin karena musim hujan jadi kurang manis ngono yo mas yo?" tanya Ganjar pada penjual durian.

Di kios durian yang tampak sederhana ini terlihat cukup ramai. Pembelinya bahkan banyak yang datang dari Kebumen. Mereka datang demi bisa mencicipi durian lokal.
Jateng Surganya Durian Enak, Ganjar Pranowo dan Iriana Jokowi Sudah MembuktikanFoto: Instagram

Sebelumnya, ada Iriana Jokowi yang juga panen buah durian di Semarang. Dalam kunjungannya baru-baru ini, Iriana menyempatkan mampir ke kebun buah Purwosari di Kecamatan Mijen, Semarang.

Di sini, istri presiden Joko Widodo ini sempat melepaskan tali pengikat pada durian yang sudah siap panen. Mengenakan topi anyaman khas petani, Iriana antusias menggunting satu persatu tali yang mengikat buah durian.

Pohon durian di kebun ini juga terlihat subur dengan buah yang banyak. Tak hanya itu, buah durian yang ranum juga terlihat sangat pendek dan mudah dipetik.
Jateng Surganya Durian Enak, Ganjar Pranowo dan Iriana Jokowi Sudah MembuktikanFoto: Instagram

Baca juga : Mampir ke Ucok Durian, Begini Ekspresi Jan Ethes Mencicip Durian Bersama Jokowi!

Buah lain yang juga dipetik Iriana yakni kelengkeng dan jambu kristal. Usai berkeliling kebun, ibu dari Gibran, Kahiyang dan Kaesang ini lantas mencicip buah hasil panennya.

Selain Purworejo dan Semarang, beberapa daerah lain di Jateng juga terkenal dengan durian enaknya. Beberapa daerah seperti Magelang, Boyolali, Brebes hingga Pekalongan terkenal dengan durian berdaging legit. (dvs/odi)