Wow! Jajanan Khas India Ini Dibakar dan Disantap Saat Api Menyala

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 11:52 WIB
Foto: Istimewa/Youtube
Jakarta - Jajanan unik yang satu ini memang sangat diminati warga India. Saking populernya, jajanan ini punya cara penyajian yang tergolong ekstrim. Begini bentuknya!

Paan merupakan jajanan yang terbuat dari campuran aneka rempah, mukhwas, buah kering, dan gula yang dibungkus dalam daun sirih. Jajanan ini sudah ada sejak lama di India.

Wow! Jajanan Khas India Ini Dibakar dan Disantap Saat Api MenyalaFoto: Istimewa/Youtube
Menurutu pengobatan Ayuverda, konsumsi paan ampuh mengobat berbagai penyakit. Mulai dari batuk, pilek hingga sakit kepala. Paan juga kerap digunakan sebagai penyegar nafas dan peningkat vitalitas.

Baca juga: Pedas Nikmatnya Ram Laddoo dan Chaat, Jajanan Khas Delhi, India

Paan biasanya dijajakan di pinggir jalan. Sehingga paan tergolong jajanan yang sangat mudah ditemui. Karenanya, hadir kreasi paan baru yang terlihat ekstrim.

Wow! Jajanan Khas India Ini Dibakar dan Disantap Saat Api MenyalaFoto: Istimewa/Youtube
Paan dibakar dan begitu api menyala, paan harus langsung dinikmati alias dilahap serta dimasukkan ke dalam mulut berserta apinya. Penjualnya lah yang akan meracik dan menyuapi para penikmat paan 'ekstrim' ini.

Paan ini dikenal dengan nama 'Paan Fire'. Paan fire awalnya datang dari sebuah kedai paan di wilayah New Delhi. Kedai milik keluarga Pradhuman Shukla itu berhasil mendongkrak bisnis paan lewat paan fire yang hadir dua tahun lalu.

Wow! Jajanan Khas India Ini Dibakar dan Disantap Saat Api MenyalaFoto: Oddity Central
Idenya justru datang dari seorang mantan karyawan yang sengaja membakar paan yang dijual pada salah satu pelanggan. Saat itu, pelanggan yang mengeluh soal sariawannya mendadak merasa baikan dan cepat sembuh.

Namun cara penyajian dan cara makan paan fire agaknya yang membuat kreasi paan ini viral. Orang jadi berbondong-bondong ingin merasakan sensasi makan paan fire. Bahkan pedagang lain pun ikut menghadirkan menu paan fire.

Wow! Jajanan Khas India Ini Dibakar dan Disantap Saat Api MenyalaFoto: Instagram
Video saat mencicip paan fire pun berseliweran di media sosial. Meski dimakan saat api menyala, konsumsi paan fire kabarnya tak berbahaya dan tergolong aman. Menurut This Is Insider, paan fire lebih digandrungi saat musim dingin.

Berdasarkan keterangan salah seorang penjual paan fire pada Times of India (2/12), api yang ada berasal dari penggunaan herbal masala. Masala merupakan rempah-rempah yang umum dicampur dalam berbagai sajian khas India.

Baca juga: Ini 12 Jajanan Kaki Lima Enak dan Ekstrim dari Filipina Hingga Korsel (1)


INSIDER on Twitter

Could you eat this fiery snack? https://t.co/Xtrn41H8c4

(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com