Pria Ini Rogoh Kocek Rp 4,9 Juta untuk Makan Semut dan Otak Rusa

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 07 Jan 2019 18:18 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Restoran Noma menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Pria ini ceritakan pengalamannya menikmati makanan tak biasa seharga Rp 4,9 juta.

Rene Redzepi adalah seorang chef dibalik kesuksesan restoran Noma. Restoran Noma berlokasi di Kopenhagen dan sudah empat kali menjadi "restoran terbaik di dunia" dan masuk dalam 50 besar restoran terbaik dunia.

Noma dibuka pada tahun 2003 dengan menggunakan bahan-bahan yang tak biasa dan berfokus pada bahan-bahan di wilayah Nordik yang tak bisa dibeli di pasar. Setelah 12 tahun pasang surut dengan sebagian besar keberhasilan besar, Redzepi menutup restorannya pada tahun 2015 untuk relokasi ke tempat baru.

Baca juga: Noma, Akan Buka Restoran Baru Bernama 108 di Copenhagen Tahun Depan

Kini Noma disebut dengan Noma 2.0 dan resmi dibuka pada 15 Februari 2018 dengan menampilkan menu berbahan lokal dan fokus pada bahan makanan musiman. Banyaknya animo orang di dunia dilaporkan ada 100.000 permintaan reservasi setiap bulannya. Biaya makan malam di restoran ini seharga 2.400 Krone Denmark atau sekitar Rp 4,9 juta.

Hidangan yang disajikan kali ini terinspirasi dari limbah makanan yang dibuang setiap harinya oleh rumah tangga. Untuk mendapatkan menu ini, hewan diburu hingga dipotong sendiri sehingga orang akan berpikir dua kali sebelum membuang steak ke tempat sampah.

Pria Ini Rogoh Kocek Rp 4,9 Juta untuk Makan Semut dan Otak RusaFoto: Istimewa

Pertama yang bisa dicoba adalah potongan jantung rusa dengan sensasi rasa gurih yang bisa dinikmati dengan saus. Saus berwarna kuning ini dibuat dengan kuning telur bertopping semut dengan sensasi rasa asam lemon yang diperas dalam sausnya.

Pria Ini Rogoh Kocek Rp 4,9 Juta untuk Makan Semut dan Otak RusaFoto: Istimewa

Salah satu yang dicoba adalah Crispy Duck Wing adalah sayap bebek yang bentuknya masih seperti asli dengan bagian ujung dagingnya yang dilapisi oleh tempura yang renyah. Hingga lidah rusa kutub yang diolah dengan cara disate serta otak bebek.

Dan tak ketinggalan ada juga dessert dengan rasa blueberry yang dibuat menjadi sorbet dengan topping semut beku yang konon katanya memiliki rasa yang enak.

Pria Ini Rogoh Kocek Rp 4,9 Juta untuk Makan Semut dan Otak RusaFoto: Istimewa

Dikutip dalam Next Shark (04/01), para tamu yang hadir juga diajak untuk berkeliling melihat bagimana mereka menyimpan makanannya mulai dari ruangan fermentasi, penyimpanan otak rusa, hingga tempat budidaya semut hidup. Semua aktifitas makan hingga berkeliling dilakukan lebih dari 3 jam. Sehingga Noma menjadi tempat yang direkomendasikan untuk para foodies yang ingin menikmati sajian unik dengan kualitas terbaik.


Baca juga: Mampir ke Restoran Molecular Gastronomy, Justin Timberlake Makan Pot Tumbuhan (lus/odi)