Pindang Serani Akan Jadi Suguhan Istimewa Resepsi Agung Putra Paku Alam

Usman Hadi - detikFood Sabtu, 05 Jan 2019 08:02 WIB
Foto: Antara Foto
Jakarta - Penguasa Puro Pakualaman, KGPAA Paku Alam X, akan menikahkan putra sulungnya BPH Kusumo Bimantoro, Sabtu (5/1. Lantas, apa hidangan yang akan disajikan?

Resepsi pernikahan agung atau dhaup ageng rencananya dihadiri oleh sejumlah tokoh penting. Seperti Presiden Joko Widodo, beberapa menteri kabinet kerja, dan beberapa raja Jawa dan Bali seperti Raja Kasunanan Surakarta, Mangkunegarandan, dan Cirebon.

Pindang Serani Akan Jadi Suguhan Istimewa Resepsi Agung Putra Paku Alam Foto: Dok. Panitia Dhaup Ageng.Puro Pakualaman

Tim Peranatan Lampah-lampah Dhaup Ageng Puro Pakualaman, Masroy Dwijo Hutomo, menjelaskan ada sekitar 600 tamu undangan di pesta ini. Nantinya segenap tamu undangan tersebut akan disajikan hidangan istimewa berupa pindang serani.

"Satu yang khas saja ada pindang serani, itu makanan kesukaan (KGPAA) Paku Alam VIII dan (KGPAA) Paku Alam X. Pindang serani itu bahan dasarnya ikan laut biasanya ikan bandeng yang diberi berkuah kuning bening dengan rasa asam segar. Sebenarnya termasuk jenis sup yang diolah khusus," jelasnya di media center, Jumat (4/1/2019).

Pindang Serani Akan Jadi Suguhan Istimewa Resepsi Agung Putra Paku Alam Foto: detikFood

Menu pindang serani, lanjut Dwijo, akan dihidangkan saat prosesi resepsi agung pada Sabtu (5/1) dan saat pahargyan pada Minggu (6/1) malam. Hidangan istimewa ini akan disajikan dengan menu lainnya seperti nasi kuning.

"Selain itu nasi kuning. Saya kira iya (nasi kuning khas Yogya), karena itu adalah konon ya makanan kesukaan Nyi Ageng Enis dulu, leluhur dinasti Mataram," ungkapnya.

Pindang Serani Akan Jadi Suguhan Istimewa Resepsi Agung Putra Paku Alam Foto: detikcom

"Lalu biasanya ada hidangan Songgo Buwono. Tapi yang khas di Pura Pakualaman ya tadi, pindang serani. Karena itu memang kesukaan PA (Paku Alam) VIII dan sekarang," tutupnya.

Makanan keluarga ningrat Yogyakarta yang berupa kue susu diisi dengan ragout ayam, telur rebus dan saus mayonnaise. Disajikan dengan selada dan acar mentimun. Konon makanan ini merupakan kegemaran Sultan Hamengku Buwono VII. (odi/odi)