Berusia 112 Tahun, Veteran Ini Gemar Konsumsi Makanan Manis Hingga Rokok

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 02 Jan 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Melihat kakek berusia 112 tahun ini sepertinya bukan jaminan umur panjang harus konsumsi makanan sehat. Sebab, ia justru gemar makanan manis serta rokok.

Veteran pejuang Perang Dunia Ke II ini ternyata bisa hidup lebih lama dari para dokternya. Meskipun ia gemar merokok cerutu, minuman beralkohol dan mengonsumsi makanan manis setiap hari.

Berusia 112 Tahun, Veteran Ini Gemar Konsumsi Makanan Manis Hingga RokokFoto: Istimewa

Veteran ini bernama Richard Overton meninggal Kamis lalu pada 27 Desember setelah berjuang melawan penyakit pneumonia. Perjalanan panjang hidupnya pun kini menarik perhatian banyak orang.

Baca juga: Ternyata Makanan Manis Jadi Rahasia Panjang Umur Pria 100 Tahun Ini

Menurut CNN dan USA Today, Overton mendaftarkan diri di ketentaraan pada tahun 1942 dan bertugas sebagai penembak jitu di unit terpisa di Pearl Harbor dan beberapa pulau di Pasifik termasuk Okinawa dan Iwo Jima.

Berusia 112 Tahun, Veteran Ini Gemar Konsumsi Makanan Manis Hingga RokokFoto: Istimewa

Bahkan dirinya ada di sana ketika kapal perang di Pearl Harbor terbakar. Setelah pensiun dari tentara, ia kembali ke kota asalnya di East Austin, Texas. Selama beberapa dekade berikutnya ia mendedikasikan diri untuk bisnis furniture dan bekerja di Departemen Keuangan Texas.

Tinggal di Austin sangat lama, salah satu jalan di Austin pun diganti dengan nama "Richard Overton Avenue".

Berusia 112 Tahun, Veteran Ini Gemar Konsumsi Makanan Manis Hingga RokokFoto: Istimewa

Ketika ia berusia 107 tahun, dia mengatakan kepada CNN bahwa dia tidak minum obat dan tetap menikmati minuman keras seperti alkohol dan rokok. "Aku minum whisky di kopiku. Kadang minum whisky saja. Saya merokok cerutu dengan meniumkan asapnya kembali, tidak menelannya," ujarnya.

Asal tahu saja, rutinitas Overton adalah bangun pagi-pagi dan merokok. Dikabarkan bahwa ia akan duduk di teras depan dan menghisap 12 batang cerutu setiap harinya.

Baca juga: Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Pria Tertua Di Dunia

Selain merokok, Overton juga sangat menyukai makanan manis seperti waffle, pancake atau cinnamon rolls untuk sarapan. Peach cobbler dan es krim adalah makanan penutupnya. Sarapannya juga tak aka lengkap tanpa kopi. Overton membuat secangkir kopi dengan tambahan gula tiga sendok.

Meskipun begitu tetap saja ya menjalani pola makan sehat perlu diikuti agar bisa panjang umur dengan sehat dan bugar. (lus/odi)