Pesta BBQ Tahun Baru

Pagi Ini Mau Belanja Seafood di Pasar? Catat 5 Hal Penting Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 31 Des 2018 07:25 WIB
Foto: Ari Saputra
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru
Jakarta - Untuk pesta BBQ nanti malam, Anda mau belanja seafood? Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan seafood tersegar.

Seperti produk segar lainnya, seafood juga harus yang tersegar yang Anda pilih. Karena kesegarannya mempengaruhi citarasanya. Tempat terbaik belanja seafood di pasar tradisional atau pasar di dekat pusat penjualan seafood, jika ada.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat belanja seafood segar.

Foto: iStock

1. Berapa Banyak

Seberapa banyak jenis dan jumlah seafood yang akan Anda beli tergantung pada jumlah tamu. Sebaiknya batasi jenisnya agar Anda tak kerepotan. Misalnya, ikan, cumi dan udang saja. Hal ini juga memudahkan menentukan jumlah yang akan Anda beli. Untuk mengukur porsu bisa dihitung 1 ekor ikan sedang (600 g) bisa dinikmati untuk 3-4 orang.

Untuk udang besar bisa dihitung per orang 2-3 ekor. Sedangkan cumi, ukuran besar bisa untuk 4 orang.

Foto: Grandyos Zafna

2. Ukuran seafood

Jika menu seafood akan diolah dengan dibakar atau BBQ, sebaiknya pilih yang berukuran sedang hingga besar. Misalnya jenis ikan kakap, ikan kuwe atau ikan bawal, minimal 500 gram per ekor. Ini karena ikan yang terlalu kecil akan mudah hancur saat dibakar dan dagingnya terlalu tipis. Sementara untuk udang, pilih yang berukuran sedang hingga besar. Bisa udang jerbung atau udang galah. Jika mendapatkan udang ukuran lebih kecil bisa diolah dengan dibuat sate atau direbus saja.

3. Siapkan wadah

Seafood merupakan jenis bahan makanan yang mudah membusuk pada suhu ruangan. Karena itu jika belanja dalam jumlah banyak, siapkan cool box dengan es batu agar selama dalam perjalanan dari pasar ke rumah, seafood tetap dalam suhu dingin.

Untuk skala kecil, bisa Anda siapkan kotak-kotak plastik bertutup. Ini untuk menjaga seafood tetap bersih, airnya tak berceceran di mobil. Terutama udang dan cumi harus dikemas dalam kotak plastik karena airnya beraroma amis tajam.

Foto: Grandyos Zafna

4. Gunakan jasa tukang ikan

Banyak penjual ikan bisa sekaligus membersihkan ikan atau menyiangi seafood. Mintalah mereka membersihkan ikan-ikan yang Anda beli sesuai keinginan Anda. Agar di rumah Anda tinggal membilas dan membumbui. Ini bisa menghemat waktu Anda memasak.

Foto: Ari Saputra

5. Harga
Saat ini harga seafood di semua pasar naik hingga 50% lebih. Hal yang wajar terjadi saat malam tahun baru. Karena permintaan yang tinggi. Cara terbaik membelinya di pasar tradisional. Karena di pasar swalayan umumnya seafood tidak terlalu segar dan harganya relatif mahal.

Jangan segan menawar dan yang terpenting awasi penjual saat mereka menimbang seafood dan membersihkannya. Mengingat ada saja penjual yang berlaku curang.



Pagi Ini Mau Belanja Seafood di Pasar? Catat 5 Hal Penting Ini
(odi/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru