Nyam! Lembut Creamy Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru

Nur Hadi Wicaksono - detikFood Kamis, 27 Des 2018 10:35 WIB
Foto: Dok. detikFood
Lumajang - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur terkenal dengan wisata pendakiannya. Selain itu juga terkenal dengan buah duriannya yang enak rasanya.

Dari lereng Gunung Semeru dikenal dengan buah durian yang enak. Namun yang paling diburu warga adalah durian mentega. Durian ini tumbuh subur di desa Burno Kecamatan Senduro, Lumajang.

Durian jenis ini memiliki kelebihan dibandingkan yang lainnya. Dagingnya kuning tebal dan teksturnya lembut serta rasanya manis legit sedikit pahit. Selain itu, durian mentega di Burno selalu dijual dalam kondisi masak pohon.

Nyam! Lembut Creamy Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru Foto:Nur Hadi Wicaksono

"Keistimewaan durian mentega Semeru selain tebal dagingnya, manis ada pahitnya dan disukai pelanggan', ujar Santer, petani durian mentega.

Harga satu buah durian mulai Rp10.000 - Rp 60.000, tergantung besarnya. Selain dijual di Lumajang durian mentega ini juga dijual hingga Pasuruan dan Jember.

Nyam! Lembut Creamy Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru Foto: Nur Hadi Wicaksono

Sekali panen Santer, bisa mendapatkan sebanyak 500 - 800 butir durian sehari. Durian jenis ini banyak diminati oleh masyarakat.

"Rasanya durian mentega nikmat dan lezat, tadi makan jenis durian mentega ,saya suka durian ini karena rasanya yang manis, " ujar Andrian , pembeli durian mentega.

Nyam! Lembut Creamy Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru Foto: Nur Hadi Wicaksono

Hal yang senada disampaikan Arik Supriyanto, pembeli durian mentega. "Saya suka durian mentega karena rasanya manis dan ada sedikit rasa pahitnya. Saya sering makan karena pengggemar durian Semeru, harganya juga terjangkau."

Nah, bagi penggemar yang sedang berkunjung ke kabupaten Lumajang, Jawa Timur jangan lupa mampir mencicipi durian masih pohon yang creamy manis ini. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com