Akankah Ayam Digeprek dengan Sambal Rawit Tetap Populer Tahun Depan?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 26 Des 2018 19:05 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Muncul di tahun 2017, hingga 2019 ayam geprek masih tetap diminati. Variannya pun beragam, mulai dari saus telur asin hingga lelehan keju.

Sajian pedas dengan bahan baku ayam ini sebenarnya sudah tren dua tahun lalu. Namun, karena rasanya pedas dan enak sajian ini semakin menjamur dimana-mana. Bahkan varian rasa yang muncul pun sangat beragam dengan tampilan yang menarik.

Masih Stabil, Akankah Ayam Digeprek dengan Sambal Rawit Tetap Populer Tahun Depan?Foto: Detikfood

Sebelum populer di Jakarta, ayam geprek terlebih dulu dikenal oleh masyarakat Yogyakarta. Disebut-sebut sebagai ayam geprek pertama di Indonesia, Ayam Geprek Bu Rum sudah ada sejak tahun 2003. Berawal dari menjual ayam kentucky (ayam goreng tepung) yang difavoritkan banyak mahasiswa, Bu Rum pun menerima masukkan agar ayamnya diberi sambal.

Baca juga: Geprek Bensu: Pedas Menyengat! Ayam Geprek Berselimut Sambal Rawit Level 5

Sejak saat itulah Bu Rum mengkreasikan ayam goreng tepungnya dengan cara di geprek hingga agak hancur dan dipadu dengan ulekan sambal rawit dan bawang putih. Dan hingga saat ini ayam geprek asal Yogya ini masih menjadi favorit orang Yogya atau pun wisatawan yang berkunjung ke kota gudeg ini.

Masih Stabil, Akankah Ayam Digeprek dengan Sambal Rawit Tetap Populer Tahun Depan?Foto: Detikfood

Momen tren ayam geprek ini juga dimanfaatkan oleh Ruben Onsu yang membuat usaha bernama Geprek Bensu pada akhir tahun 2017. Menjual paket ayam geprek mulai dari level 1-10, Ruben membandrol ayam gepreknya dengan harga sekitar Rp 17.000-an. Tidak hanya dipadu dengan sambal rawit, Bensu juga punya varian rasa lain dengan tambahan keju mozarella.

Masih Stabil, Akankah Ayam Digeprek dengan Sambal Rawit Tetap Populer Tahun Depan?Foto: Lusiana Mustinda

Selain itu ada juga Ayam Geprek Mas Eko yang populer dan disajikan dengan sambal yang pedas mantap. Tak hanya di Jakarta, kepopuleran ayam geprek juga hadir di Bandung. Salah satu yang wajib dicoba adalah ayam geprek saus telur asin di Mister Komot Cafe.

Ayam goreng dengan balutan tepung renyah digeprek dengan tambahan sambal plus telur asin yang gurih enak. Selain itu ada juga ayam geprek dengan sambal rujak yang pedas manis.

Masih Stabil, Akankah Ayam Digeprek dengan Sambal Rawit Tetap Populer Tahun Depan?Foto: Istimewa

Nah, dengan adanya inovasi ayam geprek yang seperti ini. Akankah, tren ayam geprek masih diminati di tahun depan?

Baca juga: Huaah! 15 Tempat Makan Ini Punya Ayam Geprek Super Pedas (lus/odi)