Pesta BBQ Tahun Baru

Beragam Pilihan Panggangan Untuk Matangkan Makanan

Devi Setya - detikFood Rabu, 26 Des 2018 18:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru
Jakarta - Malam pergantian tahun tinggal menghitung hari. Sudah waktunya mencicil berbagai kebutuhan untuk pesta bbq, salah satunya panggangan.

Pesta bbq tidak akan lancar kalau tak ada alat panggangnya. Pastikan pesta malam tahun baru berjalan sesuai rencana. Agar tak terburu-buru, kenali dulu beberapa jenis alat panggang yang bisa digunakan.

1. Pangangan arang
Beragam Pilihan Panggangan Untuk Matangkan MakananFoto: Istock

Alat panggang ini temasuk yang paling klasik namun paling banyak diandalkan untuk membuat hidangan pangang. Sesuai dengan namanya, alat panggang ini menggunakan arang sebagai bahan bakarnya.

Untuk menggunakan alat ini, Anda harus membuat bara api dari arang. Ini membutuhkan waktu agak lama. Untuk membuat bara tetap menyala, Anda juga harus terus mengipasi arang.

Meskipun dibutuhkan tenaga ekstra, tapi alat pini terbilang paling ekonomis. Makanan yang dipanggang dengan arang juga lebih harum dan menggugah selera.

Baca juga : Persiapan Pesta BBQ di Rumah, dari Peralatan hingga Menu Lezat

2. Panggangan listrik
Beragam Pilihan Panggangan Untuk Matangkan MakananFoto: Istock

Kalau mengadakan pesta bbq di luar rumah, alat panggang listrik ini bisa diandalkan. Bentuknya simpel dan mudah dibawa kemana-mana.

Untuk menggunakannya, panggangan listrik ini cukup dialirkan listrik dan bisa langsung digunakan. Panggangan listrik juga tersedia dalam berbagai ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Panggangan gas
Beragam Pilihan Panggangan Untuk Matangkan MakananFoto: Istock

Kalau mau cepat dan praktis, bisa juga mengandalkan panggangan gas. Bahan bakarnya gas yang dialirkan menjadi api pada panggangan. Proses memanggang dengan panggangan ini juga terbilang cepat dan makanan matang merata.

Berbagai makanan bisa dipanggang dengan alat ini mulai dari sate, daging, sosis hingga sayuran. Panggangan gas juga menggunakan rak panggang yang mudah dibersihkan usai pemakaian.

4. Kompor bbq
Beragam Pilihan Panggangan Untuk Matangkan MakananFoto: Istock

Alat panggang ini berbentuk kompor namun bagian permukaannya adalah jaring rak khusus panggangan. Kompor ini menggunakan bahan bakar gas dan memiliki sistem pengatur panas api yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Panel panas pada alat ini ada di bagian tengah namun panasnya bisa menyebar hingga ke pinggir alat panggang. Alat ini juga terbilang simpel karena tak membutuhkan arang yang harus dikipas.

Baca juga : Sate Hingga Steak, Ini 10 Hidangan Panggang Populer di Berbagai Negara

5. Panggangan canggih
Beragam Pilihan Panggangan Untuk Matangkan MakananFoto: Istock

Alat panggang arang juga tersedia yang versi canggih. Meskipun berbahan dasar arang, alat ini memiliki beberapa fitur yang membuat hasil panggangan lebih enak.

Selain bisa memanggang secara klasik, alat panggang ini bahkan bisa diandalkan untuk membuat masakan lain seperti nasi goreng hingga cake. Alat panggang ini juga dilengkapi penutup yang membuat panas bara lebih maksimal.

Harganya memang mahal namun sesuai dengan material dan fungsi yang dihadirkan. Alat panggang ini juga cocok dihadirkan dalam pesta tahun baru dengan konsep pesta kebun. Alat ini juga bisa diandalkan untuk memanggang dalam jumlah banyak sekaligus.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru