Khusus Pengunjung Muslim, Ichiran Jepang Perkenalkan Ramen Non Babi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 25 Des 2018 11:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Gerai ramen Ichiran di Tokyo, Jepang ini kini memiliki alternatif menu ramen berkaldu non babi. Ini dilakukan untuk menjangkau turis muslim yang banyak ke Jepang.

Menyebut ramen enak di Jepang, banyak orang menjagokan Ichiran. Gerai ramen ini terkenal dengan sajian ramen tonkotsu alias kaldu tulang babi. Toppingnya juga memakai chashu daging babi panggang.
Khusus Pengunjung Muslim, Ichiran Jepang Perkenalkan Ramen Non BabiFoto: Istimewa
Selain menu enak, Ichiran juga terkenal dengan tempat bersantap yang unik. Pengunjung dipersilakan makan di ruang bersekat untuk menikmati ramen sendiri. Sistem pemesanan dan pengambilan menunya pun meminimalisir kontak dengan pelayan karena kebanyakan melalui mesin.

Baca Juga: Ingin Menyendiri Sambil Makan Ramen? Restoran Ini Sediakan Ruang Bersekat Khusus

Kini Ichiran kembali ramai dibincangkan karena inovasi menu. Dikutip dari Sora News 24 (24/12), mereka akan membuka gerai ramen dengan kaldu 100% tanpa babi di Tokyo.

Hal ini dilakukan guna mengakomodasi selera pencinta ramen non-babi. Sebagai gantinya, Ichiran akan menggunakan kaldu berbahan ayam. Topping chashu babi panggang pun ikut diganti dengan lembaran daging sapi.

Di sisi lain, Ichiran mengakui inovasi ini juga dipengaruhi kunjungan turis Muslim Asia Tenggara yang meningkat pesat ke Jepang. Untuk memenuhi standar makanan tanpa babi bagi mereka, Ichiran pun perlahan mengembangkan dan menguji coba pembuatan kaldu tanpa daging babi dalam 2 dekade terakhir.
Khusus Pengunjung Muslim, Ichiran Jepang Perkenalkan Ramen Non BabiFoto: Istimewa

Baca Juga: Sudah Sediakan Banyak Tisu Toilet, Resto Ramen Ini Masih Punya Tempat Tisu Tersembunyi

Gerai ramen berkaldu non babi dari Ichiran rencananya buka di Shinjuku pada musim semi 2019. Ke depannya Ichiran bahkan sudah berencana membuka 100 gerai serupa di seluruh Jepang dan luar negeri.

Menu terbaru ini pun disambut hangat pencinta ramen non babi, terutama Muslim yang selama ini penasaran dengan kreasi Ichiran. Tak hanya itu, penggemar setia Ichiran juga ikut penasaran soal rasa ramen ini, apakah akan sama 'kaya' dengan ramen berkaldu babi atau tidak.

(dvs/odi)