Banten Punya Es Sekemu, Paduan Kelapa Muda dan Sawo yang Segar

Devi Setya - detikFood Senin, 24 Des 2018 10:35 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Bukan hanya dikenal memiliki pantai yang indah, pesisir Banten juga dikenal dengan kuliner khasnya. Salah satu yang populer yakni es sekemu yang segar dan unik.

Es sekemu merupakan satu minuman khas Banten yang komposisinya terdiri dari kelapa muda dan buah sawo. Dua buah ini memang dikenal banyak tumbuh di Banten.

Baca juga : Kalau Jalan-jalan ke Serang, Mampir Dulu Makan Enak di 5 Restoran Ini

Banten Punya Es Sekemu, Paduan Kelapa Muda dan Sawo yang SegarFoto: Istimewa

Kelapa banyak tumbuh di sebagian besar pesisir Banten mulai dari ujung Timur hingga ujung barat Banten pesisir. Sementara buah sawo banyak dibudidaya di kawasan Pandeglang dan Lebak.

Selain kelapa dan sawo, es sekemu juga berisi biji selasih, air kelapa dan sirup gula. Paling enak dinikmati dingin dengan campuran es batu.

Sirup gula untuk campuran es sekemu dibuat dengan tambahan daun pandan sehingga menghasilkan gula yang harum. Es juga tidak ditambahkan bahan pewarna sehingga dijamin alami dan lebih sehat.

Daging buah kelapa muda yang lembut terasa unik disantap bersama sawo. Padahal buah sawo biasanya dimakan langsung alias tidak dijadikan campuran.

Banten Punya Es Sekemu, Paduan Kelapa Muda dan Sawo yang SegarFoto: Istimewa

Baca juga : Rabeg: Makanan Favorit Sultan Banten

Penjual es sekemu memang tak terlalu banyak namun bisa dijumpai kala siang hari terutama di kawasan Serang dan pesisir pantai Banten. Cuaca panas Banten membuat es ini bisa jadi pilihan untuk menyegarkan tenggorokan.

Apalagi es sekemu memiliki banyak khasiat mulai dari menghidrasi tubuh hingga melancarkan pencernaan. Es sekemu juga pas jadi minuman saat menikmati ragam kuliner Banten seperti sate bandeng dan rabeg daging.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com