Rekomendasi Tempat Makan

Libur Panjang di Bandung? Jangan Lupa Jajan Makanan Serba Tahu

Devi Setya - detikFood Minggu, 23 Des 2018 16:05 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Jajanan tradisional di Bandung memang tak ada habisnya. Selain colenak dan surabi, jangan lewatkan varian tahu enak. Yuk jajan tahu di Bandung.

Tahu Bandung dikenal enak, gurih dan lebih lembut. Selain bisa dijadikan oleh-oleh, tahu Bandung juga bisa jadi jajanan enak. Ada tahu brintik, tahu peletok hingga tahu super pedas.

Mau jajan tahu di Bandung, kunjungi 5 tempat yang punya sajian tahu enak di Bandung ini.

1. Tahu Brintik
Libur Panjang di Bandung? Jangan Lupa Jajan Makanan Serba Tahu Foto: Istimewa

Tahu brintik terbuat dari bahan dasar tahu sumedang yang digoreng garing. Sebelum digoreng, tahu ini dibalur tepung terlebih dulu sehingga teksturnya renyah dan lebih gurih.

Saat sudah matang, tahu brintik disajikan dengan saus sambal dan mayonaise. Tahu ini enak dinikmati hangat-hangat. Selain enak, tahu brintik juga siap mengganjal perut. Apalagi tahu brintik mudah ditemui dan harganya ramah di kantong.

2. Tahu Susu
Libur Panjang di Bandung? Jangan Lupa Jajan Makanan Serba Tahu Foto: Istimewa

Kalau ke kawasan Lembang, jangan lewatkan mampir ke tahu susunya. Saat musim liburan memang harus sabar mengantri tapi jangan khawatir karena semua akan terbayar dengan rasanya.

Selain bisa disantap langsung, tahu susu ini juga tersedia dalam keadaan mentah dan bisa jadi oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Tahu Peletok
Libur Panjang di Bandung? Jangan Lupa Jajan Makanan Serba Tahu Foto: Istimewa

Kalau suka jajanan yang gurih pedas pasti tahu peletok ini cocok di lidah. Tahu peletok adalah jajanan yang terbuat dari tahu berlumur tepung yang digoreng lalu disajikan dengan sambal kecap dengan irisan cabai.

Tahu ini punya rasa gurih pedas manis jadi paling sedap dijadikan camilan sore. Meskipun sederhana tapi tahu peletok jadi primadona jajanan Bandung yang mantap.

4. Tahu Gejrot
Libur Panjang di Bandung? Jangan Lupa Jajan Makanan Serba Tahu Foto: Istimewa

Belum lengkap kalau ke Jawa Barat tanpa menjajal tahu gejrot. Tahu goreng yang dikombinasikan dengan cabai, bawang dan kuah gula merah makin sedap disantap di daerah asalnya.

Di Bandung tak susah menemukan tahu gejrot enak. Harga yang dibanderol juga murah meriah, makan seporsi tak akan cukup.

5. Tahu Baso
Selain siomay dan batagor, ada juga yang tak boleh dilewatkan yakni tahu baso Bandung. Gurih lembut tahu berpadu dengan bakso yang kenyal dan enak. Tahu baso juga bisa dimakan langsung saat hangat-hangat atau dibeli mentah sebagai buah tangan.

Tahu baso sudah enak disantap dengan cabai rawit. Siap-siap ketagihan rasanya. Selain dimakan langsung, tahu baso juga biasa jadi pelengkap pada siomay Bandung dengan siraman bumbu kacang. (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com