Mulia! Tunawisma Ini Sumbang Temuan Uang Ratusan Jutanya ke Food Bank

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 21 Des 2018 13:24 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Tunawisma ini bisa saja jadi jutawan dadakan karena temukan uang ratusan juta. Tapi ia justru menyumbangkannya pada food bank.

Nasib baik sedang dialami seorang tunawisma di Washington, Amerika Serikat. Pasalnya ia menemukan ratusan juta uang tunai. Awalnya Kevin Booth mendatangi sebuah food bank di wilayah Lowa untuk mendapat makanan. Lalu ia menemukan sebuah tas berwarna cokelat di dekat food bank tersebut. Begitu dibuka, isinya ternyata uang tunai sebesar $17.000 (Rp 245 juta).

Mulia! Tunawisma Ini Sumbang Temuan Uang Ratusan Jutanya ke Food BankFoto: Istimewa
Food Bank sendiri merupakan organisasi non profit yang berperan sebagai pusat koordinasi makanan sisa. Makanan sisa di sana biasanya hasil sumbangan dari pabrik makanan, restoran hingga sisa makanan rumah tangga.

Baca juga: Bikin Haru! Ini 5 Kisah Abang Ojol yang Dapat Makanan Gratis Dari Penumpang

Lantaran hanya berniat mendapat makanan untuk kenyangkan perutnya, temuannya itu ia berikan pada salah satu volunter food bank. Direktur food Sumner Community Food Bank, Anita Miller menceritakan hal itu pada WKRG (5/120).

Mulia! Tunawisma Ini Sumbang Temuan Uang Ratusan Jutanya ke Food BankFoto: Istimewa
"Dia membungkuk, mengambil, melihat isinya dan ia tahu bahwa isinya uang. Dia menunggu orang kita membuka (food bank) hingga jam 7:30 pagi dan dia memberikan (tas) itu padanya seraya berkata 'Seseorang meninggalkan ini untukmu'," jelas Anita.

Pihak food bank akhirnya menyerahkan uang itu ke kepolisian setempat. Namun selama 90 hari diberitakan, tak ada satupun orang yang mengklaim uang tersebut. Sehingga uang itu sepenuhnya bisa dimiliki Booth.

Mulia! Tunawisma Ini Sumbang Temuan Uang Ratusan Jutanya ke Food BankFoto: Rengga Sancaya
Ajaibnya, Booth yang masuk kategori orang tak punya itu justru memberikan uang tersebut ke pihak food bank. Sebab Booth ingin food bank itu memperluas tempat dan menambah bentuk pelayanan.

"Ada banyak orang yang akan mengambilnya. Tapi saya bukan orang yang seperti itu," tutur Booth.

Pihak food bank akhirnya menyetujui hal itu. Tapi berkat kejujuran dan kemurahan hatinya, Anita memberi sejumlah uang pada Booth. Selain itu, tunawisma itu juga mendapat citizen certificate dari Sumner Police Department.

Baca juga: Restoran di Tiongkok Ini Beri Makanan Gratis untuk Pengunjung Cantik (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com