Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa, Presiden Jokowi Jajan Pecel Madiun dan Es Kopi

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 21 Des 2018 10:10 WIB
Foto: Instagram Ganjar Pranowo
Jakarta - Tak hanya menyesap koling (kopi Keliling) di Madura, Jokowi juga mencicipi es kopi di rest area tol Kendal. Keseruannya terekam ponsel Ganjar Pranowo.

Usai meresmikan tujuh ruas tol Transjawa, Presiden Jokowi tampak menikmati es kopi di rest area tol Kendal. Hal itu terekam lewat video yang diunggah Ganjar Pranowo di Instagram pribadinya Kamis (21/12/18).

"Tamu saya hari ini istimewa di Kendal habis peresmian seluruh tol, bapak Presiden bersama ibu. Tadi pak Presiden di Magetan promosi pecel. Nah hari ini apa ini, pak?," tanya Gubernur Jawa Tengah itu dengan semangat.
Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa, Presiden Jokowi Jajan Pecel Madiun dan Es KopiFoto: Instagram Ganjar Pranowo
Baca juga:Keseruan Presiden Jokowi Cicipi 'Koling' di Madura

Sambil memperlihatkan es kopi dalam kemasan gelas plastik yang ia pegang, Jokowi menjawab, 'Kopi... Kopi latte.. es."

Tanpa basa basi, Presiden Jokowi langsung meminum es kopi tersebut dibarengi dengan seruan Ganjar,' Seruput!'. Ganjar juga menjelaskan bahwa biji kopi yang dipakai dalam seduhan es kopi itu merupakan biji kopi lokal. "Kopinya kopi kita sendiri," tuturnya.

Tak sampai di situ, Ganjar lantas menanyakan rasa es kopi yang dicoba orang nomor satu di Indonesia itu. Dengan santai dan senyum khasnya Jokowi menjawab, "Ndak kalah dengan brand-brand global. Brand lokal, tetapi rasanya global."
Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa, Presiden Jokowi Jajan Pecel Madiun dan Es KopiFoto: Instagram Ganjar Pranowo
Selanjutnya Ganjar menyorot orang-orang yang tengah asik menikmati durian. Ia bahkan menyebut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sebagai juragan durian. Candaan Ganjar pun disambut gelak tawa Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana.

Seperti yang ditulis dalam keterangan video milik Ganjar, es kopi yang dicicip Jokowi merupakan salah satu produk UMKM yang dipamerkan di rest area tol Kendal. "kopi lokal (bisa) bersaing dg brand global! krn rasanya uenak tenan, begitu kata pak @jokowi itulah salah satu produk yg td dipamerkan di rest area tol Kendal. Apa idemu agar produk umkm makin laris manis? Makasih," tulisnya.
Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa, Presiden Jokowi Jajan Pecel Madiun dan Es KopiFoto: Instagram Ganjar Pranowo
Presiden Joko Widodo memang beberapa kali menyoroti produk UMKM berupa kuliner milik saat meresmikan tol Transjawa. Sebelumnya, Jokowi memamerkan kuliner yang dilahap di rest area Magetan. Di sana, beliau menikmati Pecel Madiun, Sate Ponorogo, dan Karak.

Baca juga: Terekam Kamera Ganjar, Jokowi Asyik Ngevlog Kuliner di Rest Area (sob/odi)