Hidangan Natal

Bikin Sendiri Bola Daging Saus Tomat yang Enak dengan Cara Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 20 Des 2018 10:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ingin menyajikan yang praktis untuk Natal? Bola-bola daging bisa jadi pilihan. Selain mudah dibuat juga bisa disimpan beberapa hari. Juga disukai anak-anak.

Ingin menyajikan yang praktis untuk Natal? Bola-bola daging bisa jadi pilihan. Selain mudah dibuat juga bisa dibuat beberapa hari sebelumnya. Juga disukai anak-anak.

Bola-bola dari daging sapi dan bumbu lebih mudah dibuat daripada beefsteak atau olahan daging lainnya. Setelah dibentuk jadi bola-bola daging dan dimasak matang bisa dipadukan dengan beragam saus. Saus creamy, saus tomat atau saus jamur bahkan BBQ. Kalau mau juga bisa diberi kuah kaldu dan sayuran sehingga menjadi sup yang enak.

Berikut ini tahapan membuat bola-bola daging yang enak.

Bikin Sendiri Bola Daging Saus Tomat yang Enak dengan Cara IniFoto: iStock
1. Daging dan bumbu

Siapkan 500 gram daging sapi cincang. Bisa bagian daging tanpa lemak atau campur dengan sedikit lemak. Giling halus daging sapi ini. Kalau mau praktis bisa membeli daging sapi giling yang berkualitas premium.

Untuk bumbunya, siapkan 1/2 sdt pala bubuk, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada bubuk, 1/2 sdt basil kering dan 1/2 sdt thyme kering.

2. Telor dan roti

Agar teksturnya empuk dan juicy, siapkan 2 kuning telur ayam, 1 sdm saus BBQ dan 1 lembar roti tawar. Rendam roti tawar dalam sedikit susu hingga lembek dan hancur.

Bikin Sendiri Bola Daging Saus Tomat yang Enak dengan Cara IniFoto: iStock

3. Buat adonan jadi bola-bola

Campurkan daging cincang, bumbu, telor dan roti tawar lembek. Aduk dengan tangan hingga seluruhnya tercampur rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola sebesar bakso. Bisa juga dibuat bola-bola lebih besar, tergantung selera.

Bikin Sendiri Bola Daging Saus Tomat yang Enak dengan Cara IniFoto: iStock

4. Masak bola-bola daging

Bola-bola daging bisa dimatangkan dengan cara dikukus, dipanggang atau ditumis dengan sedikit mentega hingga kecokelatan. Yang perlu diingat jangan memasak daging terlalu kering karena teksturnya akan keras dan kehilangan jusnya. Jika sudah dingin, bola-bola daging ini bisa disimpan dalam wadah tertutup di lemari es selama 2-3 hari.

Bikin Sendiri Bola Daging Saus Tomat yang Enak dengan Cara IniFoto: iStock
5. Saus tomat

Jika ingin membuat saus tomat sebagai paduan bola-bola daging, siapkan 3 buah tomat merah besar. Parut halus tomat atau blender dan saring hingga halus. Panaskan 1 sdm mentega hingga leleh. Tumis 1 sdm bawang bombay dan1 siung bawang putih cincang hingga layu dan harum.

Masukkan tomat halus, tambahkan 1 sdt tomat pasta, 1 sdt garam, 1/2 sdt gula oasir, 1/2 sdt lada bubuk dan 1 sdm basil segar cincang. Masak hingga seluruhnya mengental lalu angkat.

Jika akan disajikan, masak bola daging sebentar dalam saus tomat. Sajikan dengan taburan keju parut. Bisa disantap dengan kentang rebus atau spaghetti rebus.


Saksikan juga video 'Ini Makanan Natal Terpopuler dari Berbagai Negara':




Bikin Sendiri Bola Daging Saus Tomat yang Enak dengan Cara Ini
(odi/odi)