Ini Resep Chicken Salted Egg Mudah dari Sarwendah!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 19 Des 2018 19:22 WIB
Foto: YouTube The Onsu Family Foto: YouTube The Onsu Family
Jakarta - Sedang hamil anak kedua, Sarwendah tetap rajin masak. Ia bagikan resep mudah dan praktis bikin chicken salted egg.

Menu hits dari negeri Singa, chicken salted egg mudah dibuat sendiri di rumah. Sarwendah membagikan resep praktis untuk membuat olahan ayam goreng tepung berbalut saus telur asin ini.

Istri presenter kondang Ruben Onsu ini bahkan belanja sendiri bahan-bahan masaknya. Ia nampak nyaman berkeliling pasar sambil memakai daster. Sarwendah bahkan jago tawar menawar bersama pedagang.

Ini Resep <i>Chicken Salted Egg</i> Mudah dari Sarwendah!Foto: YouTube The Onsu Family

Untuk membuat chicken salted egg, Sarwendah menyiapkan bawang putih, cabe merah, daun salam, daun jeruk, telur ayam, telur asin, susu cair, dan fillet dada ayam. "Ini (fillet dada) ayamnya sudah aku potong-potong. Terus aku pakein merica, garam, dan gula. Terus diaduk-aduk dan didiemin di kulkas 30 menit" ujar Sarwendah mengenai langkah pertama bikin chicken salted egg.

Selanjutnya wanita yang jago bahasa Mandarin ini menyiapkan tepung pelapis ayam. Ia memakai tepung jagung dan tepung bumbu dengan perbandingan 2:1. Ada juga telur ayam yang sudah dikocok hingga halus.

Sarwendah bersama Thalia kemudian mencelupkan potongan-potongan fillet dada ayam ke mangkuk tepung dan telur bergantian. Ayam lalu digoreng hingga matang, ditandai dari tepung berwarna cokelat keemasan.

Ini Resep <i>Chicken Salted Egg</i> Mudah dari Sarwendah!Foto: YouTube The Onsu Family

Saus telur asin dibuat Sarwendah dengan mengambil kuning telur asin saja. "Ini kita hanya ambil kuningnya saja. Aku pakai 3 butir dulu. Jadi misalnya pada saat dicampur terlalu encer, aku tambahin lagi," kata wanita yang hobi pakai daster ini.

Bahan lainnya juga ditambahkan seperti air dan susu cair. Selanjutnya campuran telur asin ini dimasukkan bersama daun bawang, bawang putih, dan daun jeruk yang sudah lebih dulu ditumis. "Tambahin gula, susu cair, merica, dan kaldu jamur kalau mau. Untuk yang pedas bisa ditambahkan irisan cabe rawit," kata Sarwendah.

Ini Resep <i>Chicken Salted Egg</i> Mudah dari Sarwendah!Foto: YouTube The Onsu Family

Langkah terakhir, potongan fillet dada ayam goreng tepung dilumuri saus telur asin. Chicken salted egg pun siap disantap dengan nasi hangat.

Video RESEP SARWENDAH -- CHICKEN SALTED EGG sudah ditonton lebih dari 200.000 kali di YouTube The Onsu Family kanal The Onsu Masak. Banyak netizen memuji keahlian Sarwendah. Salah satunya lala puspitasari yang mengatakan, "Cece sarwendah udah cantik, sopan, kaya, tapi sederhana, pinter masak, pinter ngedidik anak, istri idaman deh pokoknya."

Nah, kalau penasaran aksi Sarwendah masak chicken salted egg bisa dilihat di video di bawah ini.

(adr/odi)