Turun Harga! Tahun Ini White Truffle Harganya Lebih Murah

Devi Setya - detikFood Sabtu, 08 Des 2018 13:26 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jamur langka jenis white truffle banyak diburu meskipun harganya sangat tinggi. Tapi tahun ini white truffle punya banderol harga lebih murah.

Dikabarkan Independent (8/12) truffle putih sedang mengalami penurunan harga. Jadi siapapun yang ingin merasakan kelezatan jamur liar ini bisa diwujudkan akhir tahun ini.

Baca juga : Mengapa Jamur Truffle Mahal Harganya?

Turun Harga! Tahun Ini White Truffle Harganya Lebih MurahFoto: Istimewa

Menurut Wall Street Journal, white truffle tengah menduduki harga terendah dalam satu dekade terakhir. Musim hujan di Alba, Italia membuat panen truffle mengalami peningkatan sehingga harganya lebih rendah. Kawasan Alba yang terletak di Italia Utara adalah tujuan utama para pencari truffle, jamur ini banyak tumbuh dari awal Oktober hingga Desember.

Menurut surat kabar, harga rata-rata untuk satu kilo truffle putih segar saat ini antara € 2.000 (Rp 14,9 juta) hingga € 2.500 (Rp 18,6 juta) per pon. Harga ini hampir setengah dari harga truffle tahun lalu.

"Jika kita tidak dapat menemukan truffle, maka harga yang tinggi tidak banyak berguna," kata pemburu truffle Italia, Maurizio Grazioso, kepada WSJ. "Dan kami ingin truffle tersedia untuk semua orang, bukan hanya kalangan elit."

Baca juga : Pria Asal Hong Kong Ini Berhasil Beli Jamur Truffle Putih Seharga Rp 1,2 Miliar .

Turun Harga! Tahun Ini White Truffle Harganya Lebih MurahFoto: Istimewa

Chef Eric Ripert dari Le Bernadin merekomendasikan Truffle ssbaiknya diolah dengan teknik masak yang minimalis untuk menjaga keaslian rasa dan aromanya. "Truffle akan kehilangan sensasj rasa dan aroma jika dimasak terlalu lama. Jadi harus disiapkan dan dimakan sesegera mungkin," kata Chef Eric. (odi/odi)