Minimarket Ini Pekerjakan Robot untuk Membuat Chicken Karaage

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 07 Des 2018 14:50 WIB
Foto: Sora News 24 Foto: Sora News 24
Jakarta - Jepang memang banyak memanfaatkan robot sebagai pembantu manusia. Salah satu yang kini sedang jadi sorotan adalah robot pembuat chicken karaage.

Mampir ke Lawson Jepang, Anda tidak hanya bisa membeli aneka makanan ringan seperti keripik dan es krim. Tapi bisa juga aneka bento kotak, teh hangat hingga onigiri.

Dirasa tak cukup. Minimarket Lawson kembali berinovasi dengan menghadirkan robot yang bertugas untuk memasak fried chicken khas Jepang alias karaage.

Baca juga: Hebat! Pelayan Robot di Kafe Ini Dikendalikan oleh Para Difabel

Robot yang menyerupai vending machine ini memiliki tinggi sekitar 153,8 cm. Robot ini bisa memasak potongan daging ayam menjadi karaage sehingga dinamakan sebagai Lawson's Karaage-kun.

Minimarket Ini Pekerjakan Robot untuk Membuat Chicken KaraageFoto: Sora News 24

Karaage tidak hanya disukai Anda, tapi Kay Perry juga pernah mengatakan sangat menyukai makanan Jepang yang satu ini. Bahkan kabarnya robot ini sudah menjual sekitar 2 miliar keping karaage per tahun (setiap paket berisi lima buah).

Nantinya robot ini akan dipasang di cabang Lawson TOC Osaki di Tokyo pada (11/12/18). Dikutip dalam SoraNews24, para perancang mengatakan prosedur memasak otomatisnya 80 persen lebih cepat dibandingkan dengan metode konvensional. Sehingga setiap pelanggan dapat menikmati karaage dengan cepat.

Minimarket Ini Pekerjakan Robot untuk Membuat Chicken KaraageFoto: Sora News 24

Sementara robot ini bisa mengerjakan tugas dengan cepat, akan tetapi robot ini belum terampil melayani proses pembayaran. Untuk mendapatkan seporsi karaage, Anda perku membayarnya ke kasir lalu memindai kode ke robot dan akan mendapatkan seporsi karaage lezat.

Uji coba awal yang dilakukan Cooked Karage-kun Robot ini akan berlangsung hingga 28 Desember. Tetapi nantinya akan dikembangkan lebih jauh soal fungsinya yang seharusnya bisa membantu menjadi kasir.

Baca juga: Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis (lus/odi)