Terbuat dari Singkong, Ini Pempek Menggale yang Gurih Enak dari Belitung

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 07 Des 2018 14:10 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Tak hanya Palembang, Belitung juga punya sajian pempek yang tak kalah lezat. Sama-sama berwarna putih, adonan pempek di sana terbuat dari bahan yang berbeda.

Pempek jadi sajian kenyal gurih khas Palembang yang terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan tenggiri atau ikan belida. Rasanya makin enak ketika dipadu dengan kuah cuko yang asam, manis dan pedas. Tak heran kalau banyak orang yang menyukainya.

Terbuat dari Singkong, Ini Pempek Menggale yang Gurih Enak dari BelitungFoto: Dok. detikFood

Tak terkecuali dengan warga Belitung. Memanfaatkan tumbuhan yang mudah ditemukan di sana, warga Belitung membuat sajian bernama 'Pempek Menggale'.

Baca juga: Khas dari Pulau Bangka, Mie Koba dengan Siraman Kuah Ikan Tenggiri

Pempek yang satu ini terbuat dari adonan campuran tepung kanji, daging ikan, dan singkong. "Pempek ini dibikin dari singkong, tepung kanji sama ikan," jelas salah satu pedangan pempek menggale di wilayah Belitung Timur pada detikFood (6/12).

Terbuat dari Singkong, Ini Pempek Menggale yang Gurih Enak dari BelitungFoto: Dok. detikFood

Menggale sendiri merupakan sebutan untuk tumbuhan singkong. Kata itu berasal dari bahasa Belitung, 'segale-gale' yang artinya seluruh bagian umbian tersebut bisa dimanfaatkan. Seluruh bagian dimaksud meliputi, akar, daun hingga batangnya.

Dengan pemakaian bahan tersebut, citarasa pempek singkong khas Belitung dengan pempek khas Palembang sangat berbeda. Pempek menggale memiliki tekstur sedikit kenyal dengan rasa ikan ringan dan rasa singkong yang dominan.

Terbuat dari Singkong, Ini Pempek Menggale yang Gurih Enak dari BelitungFoto: Dok. detikFood

Tapi citarasa pempeknya jadi nyaris sama seperti pempek Palembang berkat campuran kuah cuko berwarna cokelat. Kuah cukonya memiliki rasa yang hampir sama dengan cuko pempek Palembang. Tapi memiliki tampilan yang lebih encer dan terbuat dari bahan berbeda.

Lebih lanjut salah satu pedagang pempek menggale di dekat rumah rumah masa kecil Ahok yang terletak di Desa Lenggang, Kabupaten Belitung Timur itu menjelaskan, "Bedanya, cuko ini nggak dibikin pakai cuka putih. Tapi dari gula aren, cabe rawit, bawang putih, gula, garam, dan jeruk kunci."

Terbuat dari Singkong, Ini Pempek Menggale yang Gurih Enak dari BelitungFoto: Dok. detikFood

Pemakaian jeruk kunci inilah yang membuat rasa asam segar cuko pempek menggale lebih ringan dan tak menggigit di lidah. Ditambah rasa pedas dari cabe rawit yang digunakan. Rasanya jadi asam, gurih, dan pedas.

Pempek menggali yang unik ini wajib Anda coba bila berkunjung ke Belitung.

Baca juga:Pempek Gurih Enak Bisa Dinikmati di Tempat Ini (lus/odi)