Bedulang, Tradisi Makan Khas Belitung untuk Kebersamaan

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Des 2018 13:10 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Kalau di Jabar ada ngariung maka masyarakat Belitung punya tradisi makan bedulang. Serunya makan nasi dan lauk ramai-ramai. Bederut!

Bedulang adalah kearifan lokal milik masyarakat Belitung dalam urusan makanan. Tradisi makan turun temurun ini dilakukan untuk menjalin kebersamaan dan merekatkan hubungan persaudaraan.

Bedulang, Tradisi Makan Khas Belitung untuk KebersamaanFoto: Dok. detikFood

DetikFood mencoba langsung pengalaman makan ala bedulang di restoran Wan Bie yang ada di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan, Belitung. Untuk menyantap badulang, ada suguhan lauk pauk yang ditutupi tudung saji tradisional.

Baca juga : Semarak Lebaran dengan Tradisi Kuliner di Berbagai Daerah di Indonesia

Dalam tampah ini ada 6 macam lauk yang dilengkapi sepiring sambal. Lauknya terdiri dari ayam bumbu ketumbar khas Belitung, otak-otak goreng, tumis buncis wortel, teri goreng, gangan ikan kembung, daun singkong rebus dan mentimun serta sambal.

Nah ada cara makan khusus kalau nau menyantap bedulang. Satu paket bedulang ini untuk disantap 4 orang. Tudung saji hanya boleh dibuka oleh orang paling tua. Ketika tudung saji sudah dibuka, barulah nasi dan lauk pauk ini bisa dimakan bersama-sama.

Bedulang, Tradisi Makan Khas Belitung untuk KebersamaanFoto: Dok. detikFood

Kombinasi lauk yang komplet menjadikan cara makan ini favorit banyak orang. Masyarakat Belitung masih melakukan tradisi ini dan banyak wisatawan yang mencoba cara makan ini ketika menyambangi Belitung.

Lauk pauk yang disajikan ini memang menu rumahan karena bedulang awalnya berawal dari tradisi makan di rumah. Menunya bisa beragam namun yang khas adalah menu gangan yakni sup ikan khas Belitung.

Baca juga : Tradisi Makan Bersama Melestarikan Budaya dan Kuliner

Sup ikan selalu hadir di tengah menu ini. Gangan adalah sup ikan berkuah kuning yang rasanya asam segar, ikan yang digunakan juga beragam tapi kebanyakan menggunakan ikan laut.

Jadi kalau ke Belitung jangan lupa sempatkan buat mencoba sensasi makan bedulang ya.


(lus/odi)