Chef Jepang Ini Beberkan Tips Mudah Bikin Omelet Jepang yang Sempurna

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 05 Des 2018 19:10 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Selain dibuat dadar, telur bisa diolah jadi berbagai sajian lezat. Salah satunya adalah omelet lembut ala Jepang. Agar enak, bagaimana membuatnya?

Tamagoyaki memiliki tekstur dan rasa yang agak berbeda dari racikan telur lain. Berbeda dengan telur dadar lain, tamagoyaki memiliki lapisan yang padat dengan tambahan potongan daging.

Sajian telur ini bisa dibuat sendiri di rumah. Chef Masaharu Morimoto dari Food Network's Iron Chef America telah memperkenalkan banyak orang Amerika soal masakan Jepang selama beberapa dekade. Chef Masaharu juga memiliki restoran Jepang di Philadelphia dan Las Vegas bernama Morimoto. Dan Morimoto Asia di Disney Springs di Orlando.
Chef Jepang Ini Beberkan Tips Mudah Bikin Omelet Jepang yang SempurnaFoto: Istock

Baca juga: Mandazi dan Tamagoyaki, Sarapan Enak dari Afrika dan Jepang (2)

Dalam buku resepnya 'Mastering the Art of Japanese Home Cooking' ini, Morimoto menawarkan panduan langkah demi langkah untuk tamagoyaki.

Dikutip dalam People (30/11), pertama ia membuat telur dadar standar. Ia lipat adonan ke salah satu sisi wajan tamagoyaki berbentuk empat segi panjang (Anda dapat menggantinya dengan twajan antilengket). Morimoto sangat merekomendasikan menggunakan peralatan khusus ini yang sangat terjangkau.
Chef Jepang Ini Beberkan Tips Mudah Bikin Omelet Jepang yang SempurnaFoto: Buzzfeed Tasty Japan

Dia kemudian menambahkan lapisan telur lain ke permukaan wajan antilengket yang kosong untuk membangun lapisan.

Dia mengulangi proses ini sampai ia mendapatkan lapisan demi lapisan telur dalam satu gulungan berwarna sedikit keemasan pada bagian di luar. Di luar tekstur, tamagoyaki memiliki rasa manis dan gurih karena ditambahkan dengan campuran dashi, shoyu dan gula.

Baca juga: Punya Semangkuk Nasi dan Satu Butir Telur? Yuk, Bikin Tamago Kake Gohan! (dvs/odi)