Sarapan Tradisional

Tubruk hingga Tarik, Racikan Kopi Enak untuk 'Teman' Sarapan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 05 Des 2018 08:01 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Secangkir kopi biasanya jadi menu pengiring sarapan. Dari berbagai daerah ada banyak kopi enak yang biasa tersaji di pagi hari.

Selain teh, kopi banyak dipilih sebagai minuman pendamping sarapan. Jenisnya ternyata ada banyak di berbagai daerah Indonesia. Mana yang jadi favoritmu?

1. Kopi tubruk

Tubruk hingga Tarik, Racikan Kopi Enak untuk 'Teman' SarapanFoto: Istimewa

Foto: iStock
Yang satu ini adalah racikan kopi sederhana. Berupa bubuk kopi dan air panas saja. Bisa juga ditambahkan gula sesuai selera. Kopi tubruk populer dinikmati di Jawa dan Bali untuk menemani sarapan singkong atau pisang goreng.

Untuk membuat kopi tubruk enak ada beberapa aturan. Yang pertama adalah rasio bubuk kopi dan air kira-kira 1:15 alias 1 gram bubuk kopi diseduh 15 mililiter air. Sementara untuk temperatur air yang disarankan di atas 90 C.

Baca Juga: Mau Bikin Kopi Tubruk Sendiri yang Nikmat? Ini Rahasianya

2. Kopi tarik

Tubruk hingga Tarik, Racikan Kopi Enak untuk 'Teman' SarapanFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Selain teh tarik, ada juga kopi tarik atau kupi tarek yang populer dari Aceh. Kopi diracik dengan gaya tradisional ala Melayu. Kopi dituang dengan menggunakan saringan kain berbentuk memanjang, mirip kaos kaki.

Kata tarik sendiri merujuk pada proses pembuatan kopi yang dituang dengan cara seperti ditarik-tarik dari satu gelas ke gelas lainnya. Ciri khas kopi tarik ada pada permukaannya yang berbuih-buih. Kopi tarik bisa dinikmati dalam versi kopi hitam atau kopi susu.

3. Kopi talua

Tubruk hingga Tarik, Racikan Kopi Enak untuk 'Teman' SarapanFoto: Istimewa

Foto: Instagram kopioey
Dari Minangkabau ada kopi telur atau kopi talua untuk menambah energi di pagi hari. Kopi ini diracik dari paduan kopi dan kuning telur. Ada juga bahan lain seperti susu kental manis dan bubuk kayu manis.

Tak usah khawatir kuning telur terasa amis, penambahan air seduhan kopi pasalnya bisa mematangkan telur tersebut. Kopi talua disebut-sebut punya manfaat lain khususnya untuk meningkatkan vitalitas kaum pria.

4. Kopi rarobang

Tubruk hingga Tarik, Racikan Kopi Enak untuk 'Teman' SarapanFoto: Istimewa

Foto: Tastemade
Dari Ambon juga ada kopi tradisional enak bernama kopi rarobang. Kopi ini sangat berempah karena didapat dari campuran bubuk kopi dengan jahe, kayu manis, cengkeh, sereh dan gula pasir. Ada juga yang menambahkan susu.

Untuk penyajiannya, air rebusan kopi rarobang ditaburi kenari cincang di atasnya. Hal inilah yang menambah sentuhan unik pada kopi rarobang. Paling pas menghirup kopi rarombang di pagi hari untuk membuat tubuh lebih berenergi.

Baca Juga: Ini Nih 5 Jajanan Tradisional yang Cocok Jadi Teman Ngopi

(adr/odi)