Ini Masakan Iriana Jokowi yang Paling Disukai Kaesang Pangarep

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 01 Des 2018 15:30 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Kehidupan pribadi Kaesang dengan kedua orang tuanya jarang diberitakan media. Tapi pada detikFood, Kaesang membeberkan satu hidangan favorit buatan Iriana Jokowi.

Kemarin, Kaesang Pangarep resmi membuka gerai Sang Pisang ke 56 di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Sukses menjalankan bisnis kuliner, selera Kaesang Pangarep ternyata bisa terpuaskan lewat masakan sang ibu. Sebab, ada satu masakan Ibu Negara Iriana Jokowi yang disukainya. Hidangan itu merupakan hidangan berkuah yang terbilang sederhana. Namun disukai banyak orang.
Ini Masakan Iriana Jokowi yang Paling Disukai Kaesang Pangarep Foto: Dok. detikFood
Biasanya orang melahapnya bersama tempe goreng dan sambal terasi. Rasanya sangat lezat terlebih saat disantap selagi hangat. Apalagi kalau bukan sayur asem. Ya, sayur asem buatan Iriana Jokowilah yang sangat bisa manjakan selera Kaesang Pangarep.

"Masakan ibu yang paling aku sukai itu sayur asem," ungkap Kaesang saat ditemui detikFood di acara pembukaan Sang Pisang Kemang (30/11).

Baca juga: 5 Santapan Lezat Mulai Martabak hingga Sate Rekomendasi Kaesang
Ini Masakan Iriana Jokowi yang Paling Disukai Kaesang Pangarep Foto: Istimewa
Ada dua jenis sayur asem yang biasa dibuat orang-orang. Ada yang memilki kuah bening dan kuah berwarna merah keruh karena memiliki racikan bumbu halus yang berbeda. Mengingat hal itu, tim detikFood penasaran seperti apa sayur asem buatan Iriana Jokowi hingga jadi favorit Kaesang.

Begitu ditanya, Kaesang mengklaim bahwa itu merupakan resep rahasia ibundanya.

"Oo, nanti pada tahu. Resep rahasianya ibu itu kok. Resep rahasia rumah yang tidak boleh terbongkar," tutur putra bungsu Presiden Joko Widodo itu disertai gelak tawa.

Sayur asem tergolong dalam sayur dengan isian komplet. Biasanya memiliki isi berupa labu siam, kacang panjang, nangka muda, melinjo, kacang tanah hingga jagung.
Ini Masakan Iriana Jokowi yang Paling Disukai Kaesang Pangarep Foto: Istimewa

Kamipun penasaran seperti apa isian sayur asem buatan Iriana Jokowi. Tapi lagi-lagi Kaesang merahasiakan sayur asem buatan ibunya. Yang jelas, sayur asem itu tidak menggunakan potongan jagung.

"Engga (pakai jagung) beda, ini resep rahasia," pungkasnya.

Baca juga: Sayur Asem Enak Bisa Dibuat dengan 5 Trik Praktis Ini! (sob/odi)