Sarapan Tradisional

Kalau ke Madiun Jangan Lupa Sarapan Pecel Hits di Sini

Devi Setya - detikFood Jumat, 30 Nov 2018 10:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional
Jakarta - Kabupaten Madiun, Jawa Timur terkenal dengan sajian pecelnya yang mantap dan ngangeni. Di sini juga ada beberapa warung pecel legendaris yang layak dicoba.

Pecel Madiun terkenal dengan kombinasi sayuran komplit yang dihidangkan dengan siraman sambal kacang khas. Cara memanjakan lidah dengan sajian pecel Madiun ya dengan mendatangi warung pecel hits dan populer.

1. Nasi Pecel Bu Mandung

Kalau ke Madiun Jangan Lupa Sarapan Pecel Hits di Sini Foto: Istimewa
Pecel Madiun enak bisa dijajak di warung Bu Mandung yang berlokasi di Jalan Cokroaminoto. Sayuran seperti kacang panjang, kangkung, tauge hingga kembang turi jadi kombinasi enak pecel ini.

Yang terpenting adalah sambal kacangnya yang gurih legit. Citarasa sambal kacang yang manis, pedas dan gurih bikin pecel ini banyak diburu masyarakat dan juga para pelancong. Apalagi nasi pecel ini harganya murah meriah, seporsi hanya Rp 15 ribu saja.

Nasi Pecel Bu Mandung
Jl. Cokroaminoto No. 110, Kejuron
Madiun, Jawa Timur

Baca juga : Makan Siang Mantap dengan 5 Nasi Pecel Enak di Kawasan Jakarta Selatan

2. Nasi Pecel Yu Gembrot

Kalau ke Madiun Jangan Lupa Sarapan Pecel Hits di Sini Foto: Istimewa
Wah kalau nasi pecel yang ini tak boleh diragukan lagi. Nasi pecel Yu Gembrot bahkan dinobatkan jadi nasi pecel terbaik di Madiun lho. Ini pasti karena kelezatan rasanya.

Bukan hanya sayuran lengkap dan bumbu kacang yang enak saja yang menjadi ciri khas pecel ini. Nasi pecel disajikan dengan pincuk daun pisang dan dilengkapi dengan keripik tempe atau kerupuk uli yang kriuk enak.

Nasi Pecel Yu Gembrot
Jl. Imam Bonjol No. 33, Klegen
Kartoharjo, Madiun
Jawa Timur

3. Nasi Pecel Sri Tanjung

Kalau ke Madiun Jangan Lupa Sarapan Pecel Hits di Sini Foto: Istimewa
Kalau tergoda nasi pecel yang ini harus rela antre karena warung sederhana Sri Tanjung ini selalu ramai diantre pembeli. Pengunjung yang datang pastinya penasaran sekaligus tergoda dengan nasi pecel ini.

Nasi pecel Sri Tanjung bukanlah menu sarapan melainkan kuliner malam. Warung ini baru buka petang pukul 18.00 hingga dinihari. Pembelinya juga dari berbagai kalangan mulai anak muda hingga orang tua.

Nasi Pecel Sri Tanjung
Jl. Cokroaminoto, Kejuron
Madiun, Jawa Timur

4. Nasi Pecel Bu Wir Kabul

Kalau ke Madiun Jangan Lupa Sarapan Pecel Hits di Sini Foto: Istimewa
Nasi pecel pincuk ini tak boleh dianggap remeh karena lengkap banget menunya. Seporsi nasi pecel terdiri nasi dengan sayuran rebus yang diguyur sambal kacang pedas gurih. Tekstur sambalnya cenderung cair namun rasanya tetap menggigit.

Sambil makan nasi pecel, Anda juga bisa menambah lauk pelengkap mulai dari daging empal, sate usus hingga rempeyek kacang. Di sini juga banyak orang membeli bumbu pecel instan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Nasi Pecel Bu Wir Kabul
Jl. Cokroaminoto No. 117, Kejuron
Madiun, Jawa Timur

Baca juga : Pecel Ndeso, Pecel Madiun dan Pecel Nganjuk yang Sedep Mantep!

5. Nasi Pecel 99 Madiun

Kalau ke Madiun Jangan Lupa Sarapan Pecel Hits di Sini Foto: Istimewa
Nasi pecel yang satu ini bukan hanya terkenal karena legendaris tapi juga disukai banyak orang termasuk mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Warung pecel ini bahkan jadi salah satu warung langganannya.

Warung pecel yang sudah ada sejak 1987 ini menyajikan nasi dengan pecel lengkap. Uniknya, pecel di sini juga bisa ditambah serundeng kelapa yang membuat rasanya makin gurih. Jangan lewatkan rempeyek kacang dan kedelai yang menambah enaknya pecel ini. (dwa/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional