Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membeli Mesin Pembuat Kopi

Devi Setya - detikFood Kamis, 29 Nov 2018 12:28 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Jika Anda pencinta kopi, tak ada salahnya membeli mesin kopi untuk meracik kopi nikmat di rumah. Tapi jangan asal beli, pastikan membeli mesin kopi sesuai kebutuhan.

Dengan mesin kopi, para pencinta kopi bisa langsung membuat kopi nikmat tanpa harus pergi ke coffee shop. Mesin kopi membantu membuat pencinta kopi meracik kopi dengan praktis.

Harga mesin kopi memang mahal jadi sebaiknya banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membelinya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli mesin kopi.

1. Jenis Seduhan Kopi
Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membeli Mesin Pembuat KopiFoto: Istock
Mesin kopi yang paling populer adalah yang memiliki fitur giling biji kopi, seduh espresso hingga membuat kopi klasik. Mesin kopi dengan fasilitas ini juga biasanya yang paling banyak dilirik pencinta kopi.

Saat memilih mesin kopi, pastikan dulu Anda tipe orang seperti apa. Kalau mau yang praktis bisa coba beli mesin kopi dengan cara kerja yang canggih dan otomatis. Namun jika Anda terbilang sabar maka bisa memilih mesin kopi manual yang juga melibatkan keahlian Anda dalam meracik secangkir kopi.


Sebenarnya bagi para penggemar kopi nikmat yang mengandalkan rasa, bisa pilih mesin kopi yang memiliki fasilitas French Press atau model Chemex pour-over. Untuk mendapat kopi terbaik, coba menggiling biji kopi saat akan menyeduhnya.


2. Kapasitas Kopi
Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membeli Mesin Pembuat KopiFoto: Istock

Perhitungkan berapa banyak kopi yang Anda konsumsi sehari-hari. Dengan ini Anda bisa memilih jenis mesin kopi yang sesuai dengan kapasitas. Jika tidak terlalu banyak meracik kopi sebaiknya membeli mesin yang kecil saja.

Ada mesin kecil yang bisa membuat secangkir kopi dalam sekali kerja namun ada juga yang bisa sekaligus membuat hingga 16 cangkir kopi. Mesin berkapasitas besar ini biasanya digunakan di beberapa coffee shop besar.

Pertimbangkan juga jenis kopi yang dapat diolah dengan satu mesin ini. Hal ini penting, mengingat selera orang pastilah berbeda-beda.

3. Ukuran Mesin

Karena akan disimpan di rumah, perhatikan ukurannya. Jangan sampai mesin kopi ini terlihat terlalu besar sehingga banyak memakan tempat di area dapur.

Jika area tempat menyimpan mesin kopi ini tidak terlalu besar, coba pilih yang ukurannya kecil saja. Banyak juga mesin kopi berukuran mini yang fungsinya tak boleh diragukan.

4. Fungsi
Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membeli Mesin Pembuat KopiFoto: Istock

Jika anggota keluarga di rumah memiliki selera yang berbeda-beda, pilih mesin kopi yang punya fungsi banyak. Kopi yang dihasilkan bisa memiliki karakter yang sesuai selera baik itu kopi pekat maupun kopi yang ringan.

Mesin kopi sekarang juga banyak diandalkan untuk membuat varian kopi yang beragam seperti cappucinno, latte hingga hot chocolate.

Tak hanya itu, penting juga untuk memperhatikan fitur penting seperti alat pemurnian air dan mesin pemanas air.


5. Harga
Hal paling penting ketika hendak membeli mesin kopi adalah melirik isi dompet. Mesin kopi dengan fitur lengkap pastinya dibanderol dengan harga tang jauh lebih tinggi dibanding mesin kopi standar.

Harga mesin kopi juga dipengaruhi oleh mereknya. Sebelum membeli, sebaiknya konsultasikan dulu dengan rekan atau ahli kopi agar Anda tak salah pilih. Jangan sungkan juga untuk mencari informasi lewat situs online soal harga pasaran mesin kopi.


Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membeli Mesin Pembuat Kopi
(dvs/odi)