Sarapan Tradisional

Ini Nasi Muduk, Nasi Gurih dengan Lauk Khas Pantura

Eko Sudjarwo - detikFood Rabu, 28 Nov 2018 15:30 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional
Lamongan - Tak hanya soto dan nasi boranan, Lamongan juga punya racikan nasi yang khas dan sedap dengan lauk seafood yaitu nasi muduk.

Ya, nasi muduk memang hanya bisa didapatkan di daerah Pantura Lamongan, khususnya di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran. Nasi muduk ini rasanya legit, gurih dan pedas.

Nasinya diolah dengan berbagai macam rempah sehingga rasanya gurih. Sementara lauknya sangat khas pantura, berbagai olahan seafood.

Ini Nasi Muduk, Nasi Gurih dengan Lauk Khas PanturaFoto: dok. detikFood

"Lauknya ada berbagai macam, mulai dari pepes ikan tongkol hingga urap-urap rumput laut," kata salah seorang pengurus PKK Lamongan, Puji Jariani kepada media saat memperkenalkan Nasi Muduk ini dalam Festival Makanan Khas Daerah se-Bakorwil Bojonegoro. Festival ini diadakan untuk peringati Hari Jadi Propinsi Jawa Timur ke-73 berlangsung di Pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (28/11).

Puji menuturkan, Nasi Muduk hanya bisa ditemukan di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran. Sebagai pelengkap Nasi Muduk biasanya Nasi Muduk ini disajikan bersama dengan sambal muduk yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan bawang daun. "Sambal muduk ini semua bahannya di iris-iris dan di tumis. Jadi nggak pakai diuleg," ujarnya.

Pelengkap Nasi muduk lainnya adalah Urap Latoh yang berbahan dasar rumput laut dan Oseng Peda. Oseng-oseng berbahan dasar ikan klotok atau ikan asin dengan daun gondo rasih yang cuma ada di Sendang.

Ini Nasi Muduk, Nasi Gurih dengan Lauk Khas PanturaFoto: dok. detikFood

"Satu porsi Nasi Muduk kalau di warung di Desa Sendangagung harganya Rp 10 ribu. Satu porsi ini, kita mendapatkan Nasi, cumi, iwil-iwil tongkol, sambal muduk, oseng peda dan urap latoh," jelasnya.

Saat ini masakan Nasi Muduk memang hanya bisa didapatkan di Desa Sendangagung. Nasi ini dijual di beberapa warung yang ada di daerah Sendangagung. Kalau pagi hari ada warung H. Khotim dan warung Mbak Sum sedangkan kalau sore hari ada warung Mbak endang dan warung Ibu Wahyuni. "Rasanya nasinya juga gurih karena ada perpaduan dengan rempah," katanya. Pakai pepes pindang tambah enak lagi.

Nasi Muduk ini juga sukses meraih juara kedua saat ditampilkan dalam Festival Makanan Khas Daerah se-Bakorwil Bojonegoro dalam memperingati Hari Jadi Propinsi Jawa Timur ke-73, di Pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (28/11).

Ini Nasi Muduk, Nasi Gurih dengan Lauk Khas PanturaFoto: dok. detikFood

"Rasanya mantap, pedas dan gurihnya nyampleng," kata Bupati Lamongan, Fadeli yang juga ikut mencicipi makanan khas ini.

Nah, jika Anda penasaran dengan Nasi Muduk ini, Anda bisa mendapatkan nasi khas wilayah Pantura Lamongan ini di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran. Pasalnya, nasi muduk ini tidak akan bisa didapatkan di daerah lain.


Tonton juga 'Jepang Ada Sashimi, Kita Punya Bekasam!':

[Gambas:Video 20detik]

Ini Nasi Muduk, Nasi Gurih dengan Lauk Khas Pantura
(adr/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com